“Jangan keseringan minum es, nanti kamu batuk”, “Tuh kan pilek, pasti gara-gara minum es” pasti kita sering deh kena tegur orangtua atau bahkan menegur anak kita dengan kalimat seperti tadi. Saking seringnya, hal tersebut memiliki tempat di alam bawah sadar kita untuk tidak minum es atau minum dingin agar tidak batuk atau pilek.

Padahal sampai saat ini belum ada penelitian terhadap pengaruh konsumsi es dengan flu atau batuk. Dipercaya, penyebab flu adalah virus. Virus tersebut menyerang daya tahan tubuh kita, itu sebabnya ada beberapa dari kita yang mudah tertular dan tidak mudah tertular. Semua tergantung dari daya tahan tubuh kita masing-masing. Masing-masing individu berbeda sensitivitas dan daya tahan tubuhnya. Jika daya tahan tubuh baik, maka mekanisme proteksi tubuh akan terjadi secara otomatis.

Minum air dingin atau es saat flu tidak terbukti membuat flu Anda semakin parah. Namun jika kamu mengalami flu yang semakin parah saat minum es, bisa saja, wadah yang kamu gunakan untuk minum air dingin tersebut kurang bersih.

Tidak ada salahnya kok kalau kamu suka minum es dan minum dingin, tapi ada syaratnya, daya tahan tubuh kamu harus optimal dan tentunya selalu perhatikan wadah-wadah makanan dan minuman yang akan kamu pakai setiap harinya. Daripada jajan di luar yang wadahnya belum tentu bersih, lebih terjamin bikin es sendiri di rumah dan gunakan wadah porcelain dari Vicenza yang mudah dibersihkan dan tentunya aman bukan?