Kandungan protein dari daging amat baik untuk tubuh, tak terkecuali untuk si kecil. Daging merah bisa sebenarnya sudah bisa dijadikan sebagai makanan pendamping ASI, namun karena tekstur daging yang alot dan sulit dikunyah, tidak disarankan untuk diberikan langsung pada si kecil, takut ia malah tersedak. Namun kamu bisa mengolah daging tersebut menjadi daging giling dan menjadikannya campuran untuk bubur si kecil lho.

Gambar berjudul Puree Meat Step 1

Pilih potongan daging yang lembut. Semakin lembut daging yang kamu gunakan, semakin halus dan semakin enak rasanya bubur yang kamu hasilkan. Apapun daging yang akan kamu gunakan, daging sapi, ayam, babi atau domba, pada intinya perlu memilih bagian daging yang lembut yang tidak akan alot saat dimasak.

  • Biasanya potongan daging sapi dengan harga yang paling murah adalah potongan daging yang paling alot, jadi cobalah memilih potongan seperti sirloin atas. Untuk ayam.
  • kamu dapat membeli daging tanpa tulang maupun daging yang bertulang. Jika kamu membeli daging yang bertulang, Vilovers harus berhati-hati untuk memastikan tidak ada tulang kecil yang bisa tercampur saat dihaluskan.
Gambar berjudul Puree Meat Step 2
Masak daging dengan lambat. Metode memasak lambat akan membantu daging mempertahankan rasa dan kelembapannya, sehingga lebih mudah untuk dihaluskan. Apapun jenis daging yang digunakan, pertimbangkan untuk memasaknya dengan lambat agar daging matang dengan tekstur yang paling baik.
Pastikan daging dimasak dengan suhu yang benar. Daging harus dimasak terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Periksa suhu daging setelah selesai dimasak untuk memastikan daging tersebut telah mencapai suhu internal yang tepat. Berikut adalah suhu yang tepat untuk berbagai jenis daging:
  • Ayam: 74°C
  • Babi: 71°C
  • Sapi: 63°C
  • Domba: 63°C
Gambar berjudul Puree Meat Step 4
Dinginkan daging secara menyeluruh. Setelah memasak, dinginkan daging di dalam kulkas selama minimal 2 jam. Daging harus benar-benar dalam keadaan dingin saat akan diproses. Daging yang dingin jika diproses akan menghasilkan potongan-potongan yang jauh lebih halus daripada daging yang masih hangat.
Gambar berjudul Puree Meat Step 5
Potong-potong daging selebar 2,5 cm. Keluarkan daging dari kulkas dan potong daging menjadi potongan-potongan yang akan muat dengan mudah di dalam alat pemroses makanan

Menghaluskan Daging

Gambar berjudul Puree Meat Step 6
Masukkan secangkir daging ke dalam alat pemroses makanan. Jika Kamu tidak memiliki alat pemroses makanan, Anda boleh untuk menggunakan blender, meskipun tekstur yang dihasilkan mungkin tidak benar-benar halus seperti yang dibuat di dalam alat pemroses makanan.
Haluskan daging sampai daging tersebut berbentuk tepung. “Tepung” mungkin tampak seperti kata yang aneh untuk menggambarkan daging, tetapi itulah tekstur yang akan dihasilkan ketika daging diolah dalam keadaan dingin. Terus haluskan daging sampai potongan-potongan daging menjadi sangat halus, hampir seperti pasir.

Tambahkan cairan dan terus haluskan. Agar daging menjadi pure yang halus, Vilovers harus menambahkan sedikit cairan untuk menghaluskannya. Kamu akan memerlukan 1/4 cangkir cairan per 1 cangkir daging, terlepas dari jenis daging apa yang  dihaluskan.

Simpan pure daging di dalam lemari es. Setelah pure telah mencapai konsistensi yang Anda inginkan, sendokkan pure ke dalam wadah penyimpanan makanan yang memiliki tutup rapat. Simpan pure di dalam lemari es hingga digunakan. Pure akan tetap aman dikonsumsi selama tiga sampai empat hari.