Hai Vilovers! Bagaimana ibadah puasamu sampai hari ini? Mudah-mudahan tetap lancar ya. Tapi mungkin ada beberapa orang merasa puasa semakin berat tanpa minuman favorit mereka, yaitu kopi. Jika sedang tidak puasa, kita bisa saja meminum kopi saat pagi hari ataupun sore hari biar bangun! Ya, kopi sangat penting untuk membantu kita beraktivitas sepanjang hari, tak bisa dipungkiri kafein yang terkandung pada kopi memang membuat kita bisa melek saat beraktivitas padat sekalipun.

Nahthe problem is, kalau puasa, kita minum kopinya kapan dong? Menurut Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, kita tak bisa meminum kopi sembarang waktu ketika puasa. “Kalau kopi kita minum ketika berbuka puasa, risikonya peningkatan asam lambung, kalau kita konsumsinya sahur, sifatnya diuretik, jadi kita bisa lebih cepat mengalami dehidrasi” terang ahli nutrisi dari PERSAGI tersebut.

Bagi orang yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari, pasti melewatkan kopi 1 hari pun rasanya berat karena bawaannya jadi ngantuk. Dr. Rita menyarankan untuk mengonsumsi kopi ketika selang waktu 1 hingga 2 jam setelah waktu berbuka puasa. Pada saat tersebut, lambung sudah lebih siap menerima kandungan kopi, dan mengurangi risiko peningkatan asam lambung.

Tidak Disarankan Waktu Lain

Selain di antara waktu berbuka puasa dan makan malam (1-2 jam setelah berbuka) sebaiknya tidak meminum kopi. Misalnya ketika setelah makan malam, karena jika minum kopi terlalu malam justru akan mengganggu jam tidur kan Vilovers?! Semoga dengan tips ini, para pecinta kopi tetap semangat menjalani puasa ya.