Apa Vilovers salah satu orang yang gemar melakukan yoga ? Walaupun terdengar dan terlihat sederhana, jangan salah loh ya, yoga juga merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat loh. Tidak hanya bermanfaat untuk membuat tubuh bahkan pikiran menjadi lebih rileks, yoga juga dapat mengatasi berbagai masalah atau kondisi kesehatan pada tubuh kita. Salah satu kondisi kesehatan yang dapat diatasi dengan melakukan yoga adalah pencernaan. Tentunya, kita juga harus melakukan pose yang tepat untuk mengatasi kondisi pencernaan agar semakin lancar.

Banyak orang menggemari yoga karena kesederhanaannya yang dapat dilakukan dimana saja kita berada termasuk di rumah. Nah, beberapa pose yoga yang dapat mengatasi masalah pencernaan agar semakin lancar ini juga dapat dengan mudah sekali dilakukan di rumah. Langsung saja yuk kita simak apa saja sih gerakan yang dapat kita lakukan ?

  1. Savasana yaitu pose yang mengharuskan kita untuk berbaring atau tidur telentang berposisi seperti mayat. Tidur lah telentang dengan kaki yang rapat, angkat kedua kaki ke arah dada agar posisi tulang belakang menjadi netral. Apa manfaat pose ini ? Untuk menstimulasi pergerakan di usus besar bagian atas. Sudah ? Turunkan lalu luruskan kaki ke posisi semula secara perlahan dan posisikan kedua tangan di samping pinggang. Rasakan pikiran, otot, dan saraf dalam tubuh yang menjadi rileks sehingga rasa stres pun berkurang.
  2. Pernah mengalami kondisi gas menumpuk ? Hal ini berpengaruh loh ke sistem pencernaan. Lakukanlah pose ardha pawamuktasana yang akan menekan kolon asenden di kanan dan kolon desenden di kiri sehingga dapat menstimulasi pembuangan gas. Bagaimana posenya ? Cukup mudah. Tidur telentang, angkat kaki kanan ke arah dada kanan dan peluklah kaki selama 1 sampai 2 menit. Ingat ya jangan sampai kaki kiri ikut terangkat! Setelah selesai, terapkanlah pose yang sama juga pada kaki kiri.
  3. Untuk membantu tubuh membawa aliran darah segar ke sel yang menunjang kesehatan pencernaan (epithelial), kita dapat melakukan pose marjaryasanabitilasana yang menggabungkan pose kucing dan pose sapi. Pada pose kucing, kita dapat berdiri dengan tumpuan lutut, tundukkan badan dengan kedua tangan sebagai tumpuan. Kepala dapat rileks menghadap ke lantai dengan posisi tangan dan lutut sejajar selebar bahu serta kaki bagian bawah tetap lurus. Pose sapi dapat dilakukan dengan membusungkan dada, angkat bahu dan kepala menghadap langit sambil menarik napas yang dalam untuk memberikan organ perut efek pijatan. Tangan dan kaki dapat diletakan pada posisi yang sama. Setelah menahan napas selama beberapa saat, kembali ke pose kucing sambil menghembuskan napas.

Itu dia beberapa pose yoga sederhana yang dapat dilakukan agar proses pencernaan kita semakin lancar 🙂