Tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Banyak hal yang dapat menjadi faktor ketidaksehatan organ tubuh kita. Jika kita tidak menjaga kesehatan organ tubuh dengan baik, hal ini bisa berdampak pada organ tubuh lainnya bahkan mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan.

Salah satu organ tubuh yang harus kita jaga kesehatannya adalah paru-paru, terlebih lagi pada masa di mana wabah COVID-19 sedang melanda ini. Selain dapat menjaga kesehatan paru-paru dengan menghindari udara yang berpolutan, kita juga dapat rutin melakukan beberapa olahraga yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Olahraga renang dapat membuat orang menjadi lebih baik mengangkut dan menggunakan oksigen. Volume darah dapat meningkat juga sehingga oksigen yang masuk ke paru-paru dan otot lebih banyak dan proses pelepasan karbon dioksida pun dapat menjadi lebih efisien. Latihan pernapasan pun dilakukan saat berenang dengan mengambil, menahan, sampai mengeluarkan napas sehingga paru-paru dapat tetap stabil kesehatannya.

Kita dapat membantu racun dalam paru-paru menjadi hilang dengan melakukan yoga pernapasan selama 15 sampai 30 menit lamanya. Bagi Vilovers yang menggemari yoga pasti mengetahui BKS Iyengar bukan ? Pelopor yoga yang sering dijadikan sebagai rujukan terapi yoga ini melakukan pola latihan yoga selama 10 tahun tak terputus pada usianya yang sudah 80 tahun. Menakjubkan sekali bagaimana telaah fisiologis menunjukan bahwa elastisitas kulit, kerja organ paru-paru, pencernaan bahkan jantungnya masih sama dengan orang yang berumur 20 tahun.

Olahraga terakhir yang dapat dilakukan secara mudah adalah jalan kaki. Cukup melakukan olahraga ini secara rutin selama 30 menit dalam 1 hari. Kita akan melihat meningkatnya kapasitas pernapasan dan kualitas hidup.

Mengapa paru-paru penting ? Menurut American Lung Association, dalam sehari manusia mengambil napas sebanyak sekitar 20.000. Napas yang masuk akan melalui semua organ sistem pernapasan yaitu hidung, tenggorokan, trakea, lalu paru-paru. Paru-paru menjadi bagian organ yang paling vital agar napas dapat dialirkan ke seluruh pembuluh darah dan masuk ke sel-sel tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan melakukan olahraga ini secara rutin. Tetap selalu jaga kesehatan ya Vilovers 🙂