Setiap hari besar pasti mempunyai ciri khas nya masing-masing dalam perayaannya, bagaimana dengan Imlek ? Untuk membuat seluruh anggota keluarga tertarik untuk menyantap hidangan yang akan kita hidangkan, pastikan masakan kita cocok dengan hari perayaan Imlek ini. Mengapa ada makanan khas Imlek ? Tentunya semua makanan tersebut mempunyai makna baik yang terkandung di dalamnya.

Salah satu makanan yang sangat identik untuk disajikan saat perayaan Imlek adalah Yu Sheng. Tanpa harus ke restoran mewah, kita dapat memasak makanan ini dengan lezat di rumah loh.

Untuk hidangan utama, kupas 1 buah ubi lalu iris tipis memanjang dan bagilah menjadi dua bagian. Pada bagian pertama, campurkan pewarna merah pada ubi dan pada bagian kedua, campurkan pewarna hijau pada ubi. Masukkan ubi berwarna merah dan hijau yang sudah kering ke dalam minyak wajan yang berisikan minyak sayur panas. Cukup tunggu setelah 3 menit, lalu angkat dan tiriskan ubi di atas piring. Untuk bahan lainnya, iris tipis memanjang 1 buah wortel kering, 1 buah lobak putih dan 1 buah mentimun dengan pengupas khusus sayuran. Lalu atur semua bahan utama di atas ke dalam piring berbentuk bundar.

Untuk bahan pelengkapnya, sangrai biji wijen, lalu masukkan ke dalam wajan yang panas dengan campuran 1 sdm kacang panggang yang sudah dicincang halus, 1 sdt rempah bubuk Cina, 1 sdt kayu manis bubuk, sejumput lada putih Cina, dan 1 sdm minyak zaitun. Setelah itu, aduklah menggunakan spatula dan sangrai sampai biji wijen berwarna agak coklat keemasan. Hidangan pelengkap ini lalu dapat disiapkan di piring datar terpisah dengan hidangan utama.

Untuk sausnya, cukup aduk 2 ½ sdm saus plum Cina, 1 sdt minyak wijen, dan 1 sdm air panas di dalam mangkuk. Terakhir adalah untuk menyusun irisan ikan salmon sashimi mentah dan irisan abalone di piring terpisah.

Setelah semua telah dilakukan, Yu Sheng siap disantap ! Saat menyantap hidangan ini, tradisi yang kita lakukan disebut Lo Hei yaitu tradisi di mana seluruh anggota keluarga duduk di meja makan dengan bersama-sama mengaduk Yu Sheng menggunakan sumpit sambil mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada satu sama lainnya lalu angkat Yu Sheng setinggi-tingginya sebagai lambang harapan akan terkabul, juga sebagai doa untuk keberuntungan di tahun yang baru. Happy Chinese New Year buat vilovers yang merayakan 🙂