Di zaman yang semakin berkembang ini, perkembangan teknologi pun juga semakin pesat. Inovasi-inovasi baru yang bermunculan membuat orang semakin membatasi geraknya sehari-hari. Saat bermain handphone, laptop ataupun komputer, orang orang cenderung menghabiskan waktunya dengan duduk. Selain itu, dengan layanan pengiriman makanan, banyak orang semakin malas bergerak untuk bepergian ke mall dan tempat lainnya sehingga mereka cenderung menghabiskan waktunya di rumah.

Selain itu, dengan berkembangnya transportasi, orang yang pada zaman dulu yang terbiasa bepergian dengan jalan kaki, sudah mulai menggunakan transportasi yang lebih canggih untuk bepergian. Oleh karena itu, saat bepergian ke tempat dekat sekalipun, banyak orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk di dalam transportasi pribadi mereka.

Coba kita bayangkan dan ingat-ingat, dalam sehari sekitar berapa lama waktu yang kita habiskan dengan duduk ? Jangan remehkan hal ini. Walaupun memang terlihat sepele, ternyata ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat dijangkit oleh orang yang menghabiskan waktu terlalu lama untuk duduk.

Dengan menghabiskan waktu terlalu lama untuk duduk, kita dapat merasakan pegal-pegal atau sakit pada bagian tubuh tertentu seperti leher dan tulang belakang yang tentunya membuat kita tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Mengapa hal ini dapat terjadi ? Duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan besar pada tulang belakang sehingga dapat menyebabkan sakit pada tulang belakang juga leher.

Duduk terlalu lama juga dapat melemahkan otot dan juga kekuatan otak loh. Mengapa otot dapat melemah ? Saat duduk, otot kita tidak digunakan sehingga seiring dengan berjalannya waktu otot akan melemah dengan sendirinya. Pelemahan otot berhubungan erat dengan kekuatan otak yang juga akan melemah karena otot yang tidak digunakan tidak dapat bergerak memompa darah dan oksigen ke otak sehingga pelepasan zat kimia dalam otak tidak dapat dipicu.

Bagi kalian yang sedang dalam program diet, pastikan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk. Faktanya, jika kita menghabiskan banyak waktu untuk duduk, risiko overweight atau obesitas akan meningkat. Tahukah anda bahwa keinginan untuk makan berlebih dapat diperoleh saat kita sedang menghabiskan banyak waktu untuk duduk ? Oleh karena itu, dengan banyaknya makanan yang kita konsumsi dan gerakan tubuh yang minimal, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan.