Penyakit ringan yang sering kali dialami oleh banyak orang adalah sakit kepala, migrain, atau pusing. Biasanya saat merasakan pusing, kebanyakan orang akan cepat-cepat minum obat untuk meredakan perasaan yang membuat tidak nyaman ini. Jika tidak ingin minum obat, kita dapat menganggap sakit kepala akibat dari tubuh yang sedang dehidrasi sehingga kita akan langsung minum segelas air untuk meredakan sakit kepala tersebut. Bagaimana jika pusing dialami saat sedang menjalankan ibada puasa di bulan Ramadhan ini ? Bukan tidak mungkin rasa pusing dialami karena tubuh yang menahan lapar juga dahaga apalagi jika berada pada musim yang sedang panas.

Ada baiknya jika kita dapat mengetahui penyebab lain pusing ini kerap dirasakan saat menjalankan ibadah puasa. Sakit kepala atau pusing dapat disebabkan hilangnya kebiasaan mengkonsumsi asupan berkafein seperti kopi atau teh. Kadar gula darah drop jarang dialami oleh orang yang tertib dan disiplin menjaga pola makannya tetap sehat pada saat sahur dan berbuka.

Rentannya perasaan pusing pada saat ibadah puasa ini dapat disembuhkan loh. Pernyataan ini pun didukung oleh Dr Elliot Shevel, dokter ahli sakit kepala yang mengatakan “Anda bisa mengatasi pusing atau sakit kepala ini tanpa membatalkan puasa,”. Dokter Shevel juga merekomendasikan beberapa cara untuk mengatasi sakit kepala saat puasa.

Kenali dulu kebiasaan kita masing-masing. Apa Vilovers merupakan orang yang terbiasa mengkonsumsi kafein dari kopi, teh, coklat, dan makanan maupun lainnya yang mengandung kafein ? Ada baiknya jika kebiasaan mengkonsumsi kafein dilakukan beberapa minggu sebelum berpuasa. Jika sudah terlanjur memasuki bulan Ramadhan ini, sempatkan untuk mengkonsumsi asupan berkafein sesaat sebelum berpuasa agar dapat mencegah sakit kepala kambuh yang diakibatkan karena penarikan kafein secara tiba-tiba. Ingatlah untuk mengurangi porsi dari kafein secara bertahap.

Sudah tidak heran lagi bahwa dehidrasi merupakan salah satu penyebab umum terjadinya sakit kepala. Saat kadar air menurun, otak akan mulai menghasilkan histamin sebagai reaksi alami yang bertujuan untuk melindungi otak agar tidak kehabisan pasokan air dengan menyebabkan rasa sakit dan kelelahan. Oleh karena itu, pastikan untuk banyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

Selain itu kadar gula darah yang rendah atau hipoglikemia juga dapat memicu sakit kepala, apalagi jika kita makan dan minum asupan tinggi gula sebelum puasa. Proses naik turun gula darah ini dapat memicu sakit kepala. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman berkadar gula rendah saat sahur.

Semoga beberapa solusi ini dapat membantu ibadah puasa para Vilovers dapat dijalankan secara lebih maksimal dan nyaman.