Mungkin untuk remaja maupun orang dewasa melakukan karantina dapat menjadi membosankan namun tetap bisa dilalui karena kita dapat mengerti dampak positif yang dapat diperoleh. Bagaimana dengan anak kecil ? Anak kecil biasanya hanya menuruti apa yang kita katakan. Apa Vilovers memiliki anak kecil yang tinggal di rumah pada saat masa karantina ini ? Pernahkah Vilovers mendengar keluhan anak kecil yang sudah bosan berdiam di rumah selama berhari-hari ? Anak yang biasanya pergi ke sekolah, bermain bersama guru dan teman-temannya dianjurkan untuk berdiam di rumah. Apa yang dapat dilakukan saat anak sudah mulai bosan dan memaksa untuk keluar rumah ? Apa juga yang harus dilakukan jika anak mulai tidak bersemangat untuk melakukan tugas sekolahnya ?

Jam berapa biasanya anak bangun untuk sekolah ? Walaupun tidak pergi ke sekolah, tetap ikutilah jadwal aktivitas seperti biasa. Pastikan anak bangun pada waktu yang sama seperti saat mereka berangkat ke sekolah. Sarapan pada waktunya seperti biasa, menggunakan pakaian rapi serta luangkan waktu istirahat pada siang hari seperti biasanya. Tanpa disadari pasti anak akan menjadi lebih semangat menjalankan hari-harinya di rumah. Hal terpenting adalah untuk tetap mengajarkan anak pentingnya menjaga kebersihan dan mengapa semua kegiatan sebaiknya dilakukan di rumah pada kondisi seperti ini.

Jika pergi ke sekolah, pasti sudah ada jadwal tertentu yang harus anak ikuti bukan ? Cobalah membuat jadwal aktivitas tersebut setiap harinya. Namun yang membedakan adalah pada masa ini, anak harus diberikan jadwal kegiatan dari pagi hingga malam. Jangan lupa selipkan waktu bermain agar anak tetap termotivasi dalam menjalani hari-harinya.

Anak kecil mana yang tidak suka bermain ? Di sekolah pun mungkin waktu yang paling mereka tunggu-tunggu adalah waktu istirahat untuk bermain di taman. Game paling tepat untuk diberikan pada anak adalah game yang sederhana sehingga kemampuan kognitif dapat diasah sama seperti saat anak sedang bersekolah. Game apa saja yang bisa kita berikan pada anak ? Tebak-tebakan ! Segala macam tebak-tebakan seperti menebak nama hewan, warna, buah, dan lainnya dapat membuat pikiran anak terasah walaupun hanya berdiam di rumah.

Untuk merangkum hal apa yang dapat kita lakukan agar anak kecil tidak bosan di rumah adalah dengan menjadi gurunya di rumah. Sama seperti sekolah pada umumnya, sebagai guru bagi anak kita harus bisa memberikan tugas pada anak. Berperanlah seperti guru dengan memberikan materi pada anak untuk dibaca, berikan waktu tertentu lalu tanyakan mengenai materi yang sudah dibaca agar anak tetap dapat menjadi disiplin !