Dari kecil pasti kita semua diingatkan untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah karena mempunyai banyak manfaat baik untuk tubuh. Bahkan, saat kita sudah beranjak dewasa pun kita selalu mengingatkan anak yang masih kecil untuk mulai membiasakan makan sayur dan buah. Mengapa makan sayur dan buah itu penting ?

Rekomendasi dari The National Cancer Institute adalah untuk mengkonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap harinya. Buah dan sayur sangat kaya akan vitamin, mineral dan serat yang tentunya sangat penting bagi tubuh. Kandungan nutrisi inilah yang dapat membantu kita bebas dari segala kemungkinan terserangnya penyakit. Terdapat aneka ragam buah-buahan dan sayur-sayuran yang dapat kita konsumsi dan tentunya masing-masing jenis mempunyai manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. Oleh karena itu, kita harus terbiasa memakan semua jenisnya dengan seimbang.

Mengingat tentang pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur, banyak orang tua yang mulai merayu dan membujuk anaknya untuk mengkonsumsi kedua jenis makanan ini. Beberapa orang tua mengeluh karena anaknya susah makan sayur dan buah, bahkan tidak sedikit orang tua yang mulai menyerah mencoba. Sebenarnya, hal ini memang sudah harus mulai dibiasakan dari anak masih sangat kecil di mana orang tua harus sering berkomunikasi untuk menjelaskan mengenai alasan orang tua memberikan makanan kepada anaknya. Mengapa makanan itu penting untuk mereka makan ? Seberapa sering mereka harus memakannya ? Kebiasaan ini harus dimulai sejak mereka 1 bulan.

Dari anak masih kecil, biasakan memberikannya penghargaan yang sehat. Jika banyak orang tua yang memberikan anaknya mainan atau junk food yang memang lezat namun tidak terlalu baik untuk kesehatan, kita bisa memberikan buah atau sayur yang sehat sebagai penghargaan dengan kalimat seakan-akan memang buah dan sayur yang diberikan memiliki value yang tinggi dan merupakan penghargaan yang sangat amat perlu disyukuri oleh anak.

Selain itu, pasti kita sering melihat bahwa anak cenderung mengikuti kebiasaan orang-orang disekitarnya terutama orang tuanya karena baginya orang tuanya adalah panutan. Percaya atau tidak, banyak anak yang tidak menyukai buah dan sayuran karena orang tuanya juga tidak menyukainya. Maka, untuk menanamkan kebiasaan yang sehat pada anak, orang tua juga harus membiasakan memakan sayur dan buah di depan anak. Bagaimana dengan Vilovers ? 🙂