Minum air dingin saat cuaca sedang panas merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Apalagi setelah kita selesai berolah raga, meinum air dingin akan membuat dahaga menjadi hilang. Namun, terlalu banyak meminum air dingin ternyata berbahaya lho untuk kesehatan kita. Sifat dari air dingin itu sendiri ternyata dapat membuat peredaran darah menjadi tidak lancar.

Salah satu efek akibat terlalu banyak minum air es adalah kegemukan. Hal itu terjadi akibat proses pembakaran lemak tetganggu karena penyumbatan peredaran darah sehingga membuat tubuh mengalami peningkatan berat badan.

Selain kegemukan, terlalu banyak meminum air dingin juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lain lho. apa saja akibat dari terlalu banyak minum air dingin? Berikut ini adalah beberapa efek samping akibat terlalu banyak meminum air dingin.

Sakit Kepala

Ketika cuaca sedang panas, otomatis suhu tubuh kita akan beradaptasi. Namun ketika kita minum air dingin, pembuluh darah di sekitar kepala akan melebar karena perubahan suhu yang tiba-tiba. Itulah kenapa saat kita minum air dingin sehabis berolahraga, kita akan merasakan sakit kepala sementara yang biasa disebut pembekuan pada otak.

Pemicu Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan muncul akibat lendir yang terdapat pada lapisan tenggorokan. Lapisan tenggorokan tersebut muncul karena minuman dingin yang masuk melewati tenggorokan. Penyebab utama dari radang tenggorokan adalah virus. Namun, air dingin dapat memicu radang tenggorokan untuk datang lebih cepat. Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman pada tenggorokan disertai rasa nyeri yang cukup berat.

Usus Tersumbat

Banyak minum air dingin, apalagi setelah makan dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada usus. Hal itu dikarenakan proses penghancuran dan penyerapan makanan di dalam usus menjadi terganggu. Efek dari air dingin menyebabkan makanan menjadi beku dan membuat timbunan lemak pada saluran usus .

Memperlambat Detak Jantung

minum air dingin dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih pelan. Hal itu dikarenakan air dingin dapat merangsang saraf vagus, yaitu saraf yang mengendalikan aktivitas tak sadar pada tubuh manusi. Saraf ini sangat penting dalam proses detak jantung. Dengan minum air dingin, kinerja saraf vagus akan menurun sampai akhirnya detak jantung kita juga ikut menurun.

Itulah beberapa bahaya akibat terlalu banyak meminum air dingin. Ada baiknya kita membatasi minum air dingin agar kesehatan tubuh tidak terganggu. Perbanyaklah minum air dengan suhu normal supaya tubuh kita lebih sehat. Hidup akan lebih sehat bersama Vicenza.