Vaksin merupakan salah satu langkah preventif untuk mencegah tubuh dari penyakit tertentu. Biasanya vaksin sudah mulai diberikan kepada seseorang sejak mereka baru lahir, tidak hanya pada orang, hewan peliharaan pun juga dapat mendapatkan vaksin tertentu agar kesehatannya dapat terus terjaga. Tidak hanya anak-anak yang dapat menerima vaksin, orang dewasa pun juga harus mendapatkan vaksin tertentu untuk mencegah tubuh dari beberapa penyakit.

Faktanya, tidak hanya anak kecil loh yang dapat merasa ketakutan dengan vaksin. Zaman sekarang, orang dewasa pun dapat merasa ketakutan untuk mendapatkan vaksin karena jarum yang masuk ke dalam tubuh menembus kulit. Padahal jika dilihat secara gambaran besarnya, keuntungan yang diperoleh yaitu terhindari dari segala jenis penyakit akan sangat sepadan dengan rasa sakit sedikit dari proses vaksin.

Apa kalian yakin sudah menerima vaksin yang dibutuhkan oleh orang dewasa ?

Jenis vaksin pertama yang dapat diterima oleh semua kalangan umur yaitu usia 6 bulan ke atas hingga usia 65 tahun ke atas adalah vaksin influenza. Vaksin ini dapat kita lakukan setiap 1 tahun sekali pada bulan Oktober hingga pertengahan bulan November. Pada usia 18-64 tahun, vaksin yang sebaiknya diterima adalah 1 suntikan vaksin flu dosis trivalen standar (IIV3) atau lebih dikenal dengan Afluaria. Sementara orang yang berusia 65 tahun keatas sebaiknya menerima vaksin flu trivalen yang berdosis lebih tinggi.

Vaksin kedua yang dapat dilakukan adalah vaksin tetanus di mana orang dewasa yang belum pernah mendapatkan vaksin ini wajib diberikan tiga dosis dalam rentah periode 7-12 bulan. Tetanus sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang mempengaruhi sistem saraf dimana proses memasuki tubuhnya dapat melalui luka goresan atau tusukan.

Vaksin lain yang diperlukan adalah vaksin difteri, yaitu vaksin yang dilakukan untuk mencegah penyakit difteri sebagai penyakit bakteri akut yang menyerang tenggorokan, amandel, hidung ataupun kulit. Vaksin dapat dilakukan setiap 10 tahun sekali pada orang berumur 19-64 tahun agar penyakit ini dapat menyebar dengan mudah yaitu melalui gelas minum atau batuk dan bersin.

Adapun beberapa vaksin lainnya seperti vaksin hepatitis B, vaksin herpes zoster, vaksin pneumokokus, dan vaksin HPV yang juga harus dilakukan untuk mencegah tubuh dari penyakit menyeramkan lainnya. Pastikan kita sudah menerima vaksin yang seharusnya kita terima !