Tahukah Vilovers tentang wedang uwuh ? Minuman yang satu ini pasti sudah tak asing lagi ditelinga orang yang mencintai minuman herbal. Mana mungkin minuman yang kaya akan manfaat ini dapat menjadi asing khususnya bagi orang yang menginginkan tubuhnya sehat dengan memilih solusi minuman herbal ?

Bagi yang mungkin belum familiar dengan wedang uwuh, wedang sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti minuman, dan uwuh berasal dari bahasa Jawa juga yang berarti sampah. Lalu, artinya minuman sampah dong ? Walaupun begitu, semuanya hanya istilah saja. Minuman ini merupakan minuman yang terdiri dari campuran berbagai rempah seperti jahe, daun pala, biji pala, kayu secang, daun serta kayus manis, daun serta akar sereh, gula batu, dan kapulaga. Banyak dong manfaat yang bisa diperoleh dari semua rempah yang terkandung dalam wedang uwuh ? Tentunya.

Ini dia manfaat dari masing-masing rempah yang terkandung di wedang uwuh :

  1. Jahe yang terkandung dalam wedang uwuh dapat mengatasi asam urat. Jahe merah sudah dikenal dengan manfaatnya untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah serta mengurangi rasa nyeri karena penghambatan di jalur siklooksigenase.
  2. Kayu manis yang terkandung dalam wedang uwuh dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  3. Pala yang dapat membersihkan racun di hati dan ginjal. Kedua organ dalam tubuh kita ini yaitu hati dan ginjal merupakan dua tempat di mana racun dalam tubuh bisa bersarang. Nah, pala bisa membersihkan racun yang terkandung dalam kedua organ ini sehingga dapat berujung sebagai obat alami untuk mencegah bahkan mengobati penyakit hati dan batu ginjal.
  4. Gula batu dipercayai sebagai pengobatan India kuno untuk mengobati batuk dan pilek. Dengan mengkonsumsi gula batu, rongga mulut dapat menjadi lebih tenang dan dapat meluruhkan lendir sehingga batuk pun dapat berkurang.
  5. Kayu manis dengan manfaatnya untuk mengurangi peradangan sistemik dan spesifik. Peradangan sistemik adalah penyebab utama peningkatan penyakit kronis, sedangkan peradangan spesifik dapat mengobati beberapa jenis sakit seperti sakit kepala, nyeri radang, dan sendi.
  6. Kapulaga dapat menjadi pelengkap jahe untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Hal ini dikarenakan oleh manfaatnya untuk melawan bakteri dan patogen lainnya sehingga tubuh bisa tetap sehat.

Demikian beberapa manfaat dari wedang uwuh yang dapat kami sampaikan, selamat mencoba Vilovers 🙂