Mau kerja pasti lari ke gadget, mau belajar pasti larinya ke gadget, mau istirahat dari pekerjaan maupun pelajaran pun larinya juga ke gadget. Entah dalam bentuk apapun gadget tersebut yaitu handphone, laptop, komputer, dan tablet sekalipun tetap berfungsi untuk mencari informasi serta menghibur diri dengan aneka aplikasi yang bisa kita akses. Terlebih lagi dalam masa pandemi ini yang kerap membuat kita merasa bosan, pasti kita banyak menghabiskan waktu bermain gadget sampai terkadang mata terasa lelah.

Mungkin jika mata terasa lelah kita sering memejamkannya sebentar lalu lanjut bermain gadget kembali. Betul. Kita dapat menerapkan aturan 2 jam, yaitu waktu maksimal bagi mata untuk berkontraksi. Setelah menggunakan mata untuk bermain gadget selama 2 jam, kita dapat melakukan istirahat selama beberapa menit dengan melihat hal lain diluar gadget.

Namun, bagaimana jika rasa lelah pada mata membuat kita menjadi tambah tidak nyaman bahkan sampai sakit kepala ? Hal ini merupakan hal yang wajar untuk terjadi mengingat bahwa gadget mempunyai sumber cahaya yang membuat mata kita harus bekerja lebih keras. Jadi, bagaimana cara mengatasi rasa lelah pada mata sebelum menjalar ke bagian lain dalam tubuh ?

Cahaya yang muncul dari gadget ini dapat mengeluarkan radiasi sehingga kesehatan mata kita pun dapat terganggu dengan gelombang radiasi ini. Tidak hanya pengguna kacamata yang dapat menggunakan kacamata berlensa anti radiasi, pemilik mata sehat pun dapat menggunakan kacamata netral dengan bantuan lapisan anti radiasi ini agar mata tetap terjaga walaupun harus lama menghabiskan waktu di depan gadget.

Tidak hanya melindungi mata dari luar, kita juga harus melakukan upaya untuk melindungi mata dari dalam. Salah satu cara melindungi mata dari dalam agar terbebas dari berbagai macam penyakit adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayuran yang dapat kita konsumsi adalah jeruk, lemon, bayam, juga kubis.

Pastikan juga untuk mengatur posisi tubuh yang tepat saat bermain gadget yaitu dengan memposisikan layar komputer 10-13 cm yang diukur dari tengah layar gadget dan 50-70 cm dari mata. Setelah melakukan semua langkah ini, kita jadi tidak perlu terlalu khawatir dengan kesehatan mata kita saat cenderung bermain gadget.