Selain menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan dan juga minuman, saat berpuasa, umat muslim juga harus menahan diri agar terhindar dari perasaan emosi. Bagaimana dengan Vilovers yang sedang beribadah puasa? Apa pernah mengalami hal-hal yang membuat diri menjadi tidak tahan sampai mulut ingin berkata yang tidak sopan? Jangankan sedang puasa, hal ini pun pasti seringkali dialami.

Apa gunanya jika kita sudah bisa menahan perasaan lapar maupun haus, namun tidak dapat menahan diri dari perasaan emosi? Jika Vilovers termasuk orang yang sulit menahan emosi, bukan berarti ibadah puasa mustahil untuk dilakukan. Ada loh beberapa cara yang dapat kita lakukan agar lebih mudah menahan emosi saat sedang berpuasa. Penasaran bagaimana caranya? Mari simak tips berikut ini yuk!

Tidak ada yang lebih kenal dengan diri kita sendiri selain diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita harus tahu betul, apa sih hal yang paling mudah memicu diri kita sampai menjadi emosi? Misalnya kita mudah terbawa emosi dengan menonton film bergenre kriminal, hal yang dapat kita lakukan adalah menonton film bergenre lain seperti komedi dan lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, selain dapat menyehatkan fisik kita, olahraga juga dapat menjadi jembatan bagi kesehatan mental kita. Oleh karena itu, olahraga juga dapat menjadi salah satu cara untuk menahan emosi. Bagimana? Olahraga dapat menggantikan hormon stres kortisol dalam tubuh kita dengan hormon bahagia serotonin. Tapi ingat, untuk tidak berolahraga terlalu berlebihan ya agar puasa tetap dapat dijalankan secara maksimal.

Sama halnya seperti biasanya diri sedang merasa emosi, hal yang harus dilakukan adalah membuat diri menjadi tenang, santai atau rileks. Salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh orang saat merasa emosi adalah teknik pernapasan dalam yaitu ambil napas sedalam mungkin lalu keluarkan secara perlahan. Cara ini sebenarnya cukup mudah dan sering dilakukan oleh banyak orang sebagai cara yang sangat ampuh. Saat diri sudah mulai merasa emosi, kita dapat pergi ke tempat yang sepi dan nyaman untuk duduk bahkan berbaring, kosongkan pikiran, letakkan tangan di atas perut, dan mulai ambil napas yang dalam.

Kita juga dapat bermeditasi, tidur maupun jalan kaki santai agar pikiran dapat lebih teralihkan ke sesuatu yang lebih positif. Jangan terlalu menganggap segalanya sebagai hal yang terlalu serius, kita dapat mengaitkan segalanya dengan humor. Selamat berpuasa! 🙂