Selama ini banyak orang yang sudah berolahraga, menjaga makan, menjaga kebersihan serta melakukan banyak hal lainnya untuk mencegah virus corona yang sangat ditakuti. Namun mungkin ada 1 hal yang seringkali dilupakan oleh kebanyakan orang, bagaimana dengan pemikiran yang tidak dapat dihindari ? Pasti pembahasan mengenai virus corona yang menjadi perbincangan dimana-mana dapat memicu kecemasan bahkan stres bagi semua orang. Ada beberapa orang yang dapat dengan mudah mengatasi kecemasan ini, namun pasti ada saja orang yang mengalami kesulitan dalam mengatasinya.

Ada 3 hal utama yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres berlebihan karena faktanya rasa stres dapat membuat kita menjadi tidak nyaman bahkan membuat kita sakit.

Jauhkan diri dari segala macam berita. Jika biasanya kita melihat berita di platform tertentu, istirahatkan diri untuk sementara dari platform tersebut. Walaupun hal ini sulit dilakukan karena pastinya kita memiliki rasa penasaran terhadap perkembangan berita mengenai virus corona ini, paksakanlah diri demi kebaikan kondisi psikologis kita sendiri. Jika tetap dirasa sulit, rasa penasaran tersebut dapat kita alihkan dengan melakukan aktivitas produktif lainnya seperti berolahraga, membersihkan rumah, dan hal lainnya yang dapat lebih bermanfaat. Kita juga dapat lebih menghabiskan waktu bersama anggota keluarga lainnya untuk melupakan keinginan untuk menonton berita.

Jika ternyata memang hobi kita adalah menonton berita, tenang, ada hal yang dapat dilakukan. Tetap hindari berita-berita yang buruk. Carilah sebanyak-banyaknya berita positif sehingga dapat lebih menghibur diri. Terkadang, berita positif dapat membuat diri menjadi lebih fokus terhadap solusi yang lebih baik.

Jangan hanya merasa cemas tanpa melakukan apapun. Seperti yang kita ketahui, virus corona ini dapat menyerang orang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Oleh karena itu, hal yang harus kita lakukan adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita semaksimal mungkin. Mulai dari menjaga makan, pola hidup, berolahraga, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pikiran kita akan menjadi lebih positif dan menjadi tidak takut.

Hal yang terpenting adalah kita harus tetap percaya bahwa semua yang terjadi merupakan rencana Tuhan yang paling indah bagi kita semua. Percayalah bahwa semua akan indah pada waktunya, Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita dan Tuhan pasti tidak akan meninggalkan kita sendiri. Stay at home, stay healthy, stay happy ! 😊