Jerawat selalu menjadi kejutan yang tidak menyenangkan bagi semua orang. Terkadang jerawat dapat muncul tiba-tiba saja seperti saat baru bangun tidur yang tentunya dapat membuat kita terkejut saat baru bangun dan melihat kaca. Namun, biasanya jerawat disebabkan oleh faktor eksternal sehingga dapat diobati. Ada beberapa cara yang terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat selamanya.

Jika cara menghilangkan jerawat di muka mungkin sudah sering, bagaimana dengan bagian tubuh lain ? Coba lihat dulu keseluruhan tubuh kita sehingga kita tahu jerawat kita sering muncul pada bagian tubuh kita yang mana dan kita jadi tahu cara mengobatinya secara tepat.

Tidak hanya wajah, bagian tubuh yang juga sering dipenuhi oleh jerawat adalah punggung dan bahu. Mengapa ? Biasanya hal ini sering dialami oleh orang yang menggunakan ransel karena talinya atau baju yang terlalu ketat. Kegemaran terhadap makanan yang berlemak dan digoreng pun dapat menjadi alasan utama jerawat muncul. Bagaimana cara mengatasi jerawat di punggung ? Mandi lah seminggu sekali menggunakan air garam atau mencuci badan menggunakan cuka dan air dalam ratio 1:2.

Jerawat juga dapat muncul di dada yang sering dikarenakan oleh alergi terhadap sabun tertentu, atau reaksi dari minuman dingin, pedas, ataupun seafood. Bagaimana cara mengatasinya? Campurkan soda kue dan air lalu pijatlah ke kulit dan bilaslah dengan air hangat.

Bagian tubuh yang sering terkena jerawat dengan letaknya yang dekat dengan wajah adalah leher. Terkadang hal ini juga merupakan hal yang sangat mengganggu karena dapat terlihat oleh orang lain secara mudah. Biasanya juga dapat disebabkan oleh kerah baju yang terlalu ketat, makanan manis, ataupun alergi terhadap shampo tertentu. Rendamlah kapas di dalam lemon dan kompreslah pada jerawat di leher selama 10 menit lalu bilaslah menggunakan air hangat.

Masalah pencernaan, reaksi alergi deterjen, dan antibiotik dapat menyebabkan jerawat muncul di tangan. Walaupun ada beberapa kemungkinan penyebab jerawat muncul di tangan, jerawat juga dapat disebabkan oleh jamur sehingga langkah yang paling tepat adalah membawanya ke dokter kulit. Namun juga bukan karena jamur, cara yang tepat adalah mengobatinya menggunakan jus kentang. Belahlah kentang mentah menjadi dua dan gosok ke bagian tangan yang berjerawat selama setengah jam sebelum dibilas menggunakan air.

Temannya tangan apa ? Kaki. Oleh karena itu, bagian ini juga rentan terkena jerawat. Jerawat di kaki dapat disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada bagian kaki, cara pencukuran bulu kaki yang salah dan juga celana terlalu ketat yang digunakan. Untuk mengatasinya, campurkan 5 sampai 6 tetes tea tree oil ke dalam sabun dan mandilah seperti biasa.