Tidak hanya mempunyai rasa unik yang tajam dan menyengat, bumbu yang kerap disediakan di restoran Jepang berwarna hijau terang ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan loh ! Lobak Jepang atau yang lebih dikenal dengan sebutan wasabi ini mengandung isothiocyanate yaitu sumber rasa yang dimiliki wasabi dan sumber yang memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. Banyaknya manfaat dari wasabi menyebabkan ketidakmungkinan kami untuk menyebutkannya secara satu persatu, oleh karena itu akan ada 6 manfaat yang ingin kami ulas :

  1. Menurunkan berat badan karena senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak.
  2. Menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, mulut, usus, dan pankreas dan menurunkan risiko kanker paru-paru, payudara, kandung kemih, dan prostat.
  3. Mencegah stroke dan jantung menjadi lebih sehat karena senyawanya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah pembentukan gumpalan darah.
  4. Menghambat pembusukan gigi dengan senyawa tersebut yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berulang serta menghilangkan bakteri yang menyebabkan hal tersebut terjadi.
  5. Mengobati osteoporosis karena kandungannya yang dapat menjaga integritas tulang.
  6. Mencegah parkinson dengan senyawanya yang dapat meningkatkan aktivasi sistem antioksidan sehingga dapat menurunkan peradangan di otak.

Tentunya hampir tidak memungkinkan bagi kita untuk mengkonsumsi wasabi tanpa dicampur dengan makanan lain. Biasanya wasabi dapat dicampur dengan shoyu agar rasanya menjadi seimbang walaupun memang rasa dari shoyu dan wasabi tidak menjadi original. Namun, bagi beberapa orang yang menyukainya, perpaduan ini dianggap saus yang wajib digunakan saat mengkonsumsi makanan Jepang ! Apakah Vilovers sudah ada yang pernah mencoba Wasabi ? Yuk share di kolom comment 🙂