Tanggal 17 Februari yang baru melewati 3 hari setelah hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari, pasti masih memiliki nuansa kasih sayang bukan ? Terkadang beberapa orang pun memutuskan untuk merayakan hari kasih sayang selama beberapa hari selain dari hari yang bertepatan dengan tanggal 14 Februari. Mengapa demikian ? Hari Valentine dapat dirayakan bersama banyak orang, baik itu dengan pasangan maupun keluarga. Walaupun demikian, masih banyak orang yang memilih untuk tidak merayakan hari Valentine dengan cara yang sama seperti kebanyakan orang lainnya yaitu pemberian hadiah sampai ke makan malam yang mewah.

Hal ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena sebenarnya setiap orang memiliki love language yang berbeda satu sama dengan yang lainnya. Love language/bahasa cinta/gaya cinta sendiri merupakan sesuatu yang digunakan dan dimiliki setiap orang untuk mendefinisikan dan menunjukan bagaimana rasanya dicintai. Pada umumnya, ada 5 tipe love language.

 Love language pertama adalah receiving gifts yaitu gaya atau bahasa cinta yang sangat identik dengan perayaan Valentine. Orang yang menggunakan bahasa cinta ini lebih menyukai pemberian kado dan makna yang ada di balik kado yang diterima. Bagi orang tersebut, hadiah dapat menunjukkan perhatian dan juga usaha dari pemberi kado. Layaknya Valentine di mana banyak orang mulai membeli, memberi, dan menerima berbagai macam kado seperti bunga ataupun coklat.

Quality time merupakan love language kedua yang identik juga dengan perayaan Valentine. Bagaimana ? Bahasa atau gaya cinta ini sangat menitikberatkan pada kualitas waktu bersama dan merek membutuhkan perhatian yang penuh sehingga mereka mengharapkan tidak adanya distraksi oleh gadget, dan hal lainnya untuk merasa dicintai.

Love language ketiga adalah acts of service yang sebenarnya bisa saja ditunjukan oleh pasangan tanpa disadari. Contoh terbaik dari bahasa atau gaya cinta ini adalah dengan membantu segala hal sederhana dalam hidup orang yang dikasihi seperti membantu membersihkan rumah, membantu memasak, membantu mengisi bensin, dan hal lainnya untuk merasa dicintai.

Physical touch merupakan love language keempat yang dapat digunakan oleh seseorang. Mereka yang menggunakan bahasa ini merasa sentuhan fisik sebagai hal yang dapat meyakinkan diri untuk merasa dicintai. Sentuhan fisik dapat berupa pelukan, ciuman juga genggaman tangan sehingga biasanya paling dapat terlihat.

Love language terakhir yang dapat digunakan oleh seseorang adalah words of affirmation yaitu orang yang biasanya menganggap ungkapkan kata-kata sebagai hal yang paling dapat membuat diri senang dan merasa dicintai. Kata-kata tersebut dapat menjadi kata-kata sederhana yang menunjukan perhatian seperti “Semangat!”, “Terima kasih”, “Hati-hati” ataupun kata-kata kasih sayang seperti ungkapan sayang, cinta, dan lainnya.

Nah, setelah mengetahui ada 5 love language seperti yang sudah terjabarkan di atas, ketahuilah love language yang digunakan oleh setiap orang yang Vilovers kasihi dan gunakanlah hal tersebut untuk membuat orang-orang yang kita kasihi merasa dicintai !