Salah satu perlengkapan rumah tangga yang harus disediakan dan dipastikan stoknya tersedia adalah sabun cuci piring.  Mengapa ? Setiap piring yang telah digunakan tidak bisa ditunda untuk dicuci agar noda bekas makanan tidak menempel terlalu lama. Bayangkan saja berapa banyak sabun cuci piring yang harus dikeluarkan setiap harinya, setiap minggunya dan setiap bulannya. Jika ada pilihan untuk membuat sabun cuci piring sendiri agar dapat lebih menghemat dan lebih alami, mengapa tidak ?

Apakah kalian familiar dengan buah lerak ? Biji buah lerak sudah dikenal sebagai bahan yang bagus untuk membuat sabun untuk tetap menjaga kualitasnya. Banyak orang yang sudah mencoba membuat sabun cuci piring menggunakan biji buah lerak ini. Namun, apakah cara pembuatan yang dilakukan sudah benar ? Cukup dengan 50 gram atau kurang lebih 5 sampai 7 buah lerak yang dijual dengan kisaran harga Rp 2.500,- sabun cuci sebanyak 2 sampai 3 botol dapat dihasilkan. Simak yuk cara pembuatan sabun cuci piring dengan buah lerak yang ramah lingkungan ini sebagai bentuk dukungan kita untuk bumi yang lebih indah dan sehat.

Buah lerak cukup direbus di dalam air bersih sebanyak 400 ml. Saat sudah mendidih, tunggulah sampai dingin dan saring ke dalam botol sabun cuci piring. Sabun lerak yang teksturnya tidak kental seperti sabun cuci pada umumnya, lebih baik digunakan menggunakan botol pump sehingga lebih mudah untuk digunakan. Jika sabun dirasa memiliki busa yang kurang banyak dan kurang beraroma, ada beberapa hal yang dapat dicampurkan setelah sabun sudah dingin. 2-3 tetes minyak esensial dengan wangi sesuai selera dapat ditambahkan. Soda kue juga dapat ditambahkan agar cucian piring berlemak lebih mudah hilang. Cukup simple bukan pembuatannya ?

Walaupun dikenal sebagai sabun pencuci piring, sabun lerak ini juga dapat digunakan untuk berbagai hal. Mencuci batik agar warnanya tetap awet, digunakan sebagai sampo, sabun mandi, bahkan sebagai sabun mengepel lantai merupakan kegunaan lainnya. Oleh karena itu, membuat 2 sampai 3 botol tidak akan sia-sia !

#kode barang BA179 motif Ayana untuk pemesanan bisa langsung klik :

https://www.tokovicenza.com/product?search=ba179