Bagi sebagian orang, menyeduh kopi di pagi hari merupakan rutinitas yang tidak boleh terlewatkan. Berbagai macam kopi seperti kopi hitam, atau kopi yang dicampur dengan cream menjadi pilihan teratas, khususnya kopi hitam. Hal itu karena kopi hitam memiliki cita rasa yang khas dan memiliki efek stimulan yang cocok untuk membangkitkan energi dalam beraktivitas.

Seperti dua sisi koin, kopi memiliki sisi positif dan juga negatifnya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat dan juga efek samping dari kopi.

Manfaat Mengonsumsi Kopi

Seperti yang kita tahu, kopi memiliki kemampuan untuk menambahkan energi dalam menjalani aktivitas. Selain itu, kopi juga memiliki manfaat yang lain, yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi kopi adalah menurunkan beratt badan. Hal itu karena kafein yang terdapat dalam kopi dapat memacu metabolisme tubuh untuk membakar lemak. Selain itu efek dari kopi juga dapat menurunkan nafsu makan kita.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi memiliki kemampuan untuk membuat manusia lebih fokus dalam menjalani aktivitas. Ketika seseorang sudah dapat fokus, maka kerja pada otak juga akan semakin maksimal. Hal itu dapat berdampak pada ingatan yang akan menjadi lebih mudah ingat.

  1. Mencegah Depresi

Manfaat lainnya dari mengonsumsi kopi adalah mencegah depresi. Hal itu terjadi karena kopi mengandung anti depresan yang memiliki fungsi untuk menenangkan pikiran orang. Selain itu, kalau kita rutin mengonsumsi kopi, kemungkinan bunuh diri akibat depresi juga akan berkurang.

Efek Buruk Ketika Mengonsumsi Kopi Terlalu Banyak

Mengonsumsi secara wajar dan pas “takarannya” akan membuat kita merasakan manfaat dari kopi. Namun apabila kita berlebihan dalam mengonsumsi kopi, makan akan menimbulkan efek samping seperti berikut ini.

  1. Sulit Tidur

Kita semua sudah tahu, apabila meminum kopi kita akan kesulitan untuk tidur. Tapi itu hanya akan terjadi ketika kita mengonsumsi kopi dengan takaran yang berlebih. Jika itu terjadi, waktu istirahat di malam hari akan terganggu dan saat siang, produktifitas kita juga akan menurun.

  1. Jantung Berdebar

Jantung akan berdebar lebih cepat saat kita mengonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebih. Kafein di dalamnya mampu memicu detak jantung agar berdetak lebih cepat. Hal ini tidak akan terjadi kalau kita mengonsumsi kopi dalam takaran yang tepat.

  1. Gelisah

Efek lainnya setelah kita mengonsumsi kopi secara berlebih adalah muncul rasa gelisah. Hal itu terjadi karena kita akan mengalami detak jantung yang berlebih. Kemudian, kafein juga dapat mempengaruhi hormon adenosine yang membuat kita merasa tidak tenang dan sulit beristirahat.

Itulah dia beberapa manfaat serta efek samping yang akan kita dapatkan dari mengonsumsi kopi. Intinya, jangan mengonsumsi kopi secara berlebihan agar tidak merusak tubuh kita. jika ingin merasakan sensasi minum kopi yang lebih elegan, Vilovers dapat mengunjungi www.tokovicenza.com untuk mendapatkan peralatan ngopi yang terbaik pastinya. Yuk, jangan sampai kehabisan. Hidup akan lebih sehat bersama Vicenza.