Selama masa pandemi ini apa saja kegiatan yang dilakukan oleh Vilovers di rumah ? Apa kegiatan yang dilakukan oleh anggota keluarga Vilovers di rumah ? Apa lebih sering menghabiskan waktu bersama atau lebih sering menghabiskan waktu secara individual (sendiri) atau masing-masing ? Mungkin saat beberapa minggu pertama physical distancing dilakukan, masih banyak kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama apa lagi mencoba kegiatan baru yang belum pernah dilakukan seperti olahraga bersama, bertukar cerita, dan lainnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, merasa bosan merupakan sifat dasar manusia, tidak heran jika kita selalu ingin mencoba sesuatu yang baru lagi agar dapat merasakan kesenangan yang baru.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama maupun sendiri adalah bermain gadget. Gadget sudah merupakan salah satu benda paling penting di kehidupan semua orang. Saat pertanyaan dilontarkan ke sejumlah orang mengenai benda apa yang harus dibawa saat keluar rumah salah satunya pasti merupakan handphone. Gadget dapat berupa handphone, komputer, laptop, dan teknologi-teknologi lainnya. Saat bermain gadget sendiri kita dapat nonton film atau chatting dengan teman-teman dan jika bermain bersama kita juga dapat menggunakan gadget untuk bermain game yang sedang kekinian.

Apa bermain gadget itu baik ? Tentunya masih tergolong wajar jika digunakan pada durasi tertentu. Pernahkah Vilovers bertanya-tanya mengenai durasi yang tepat atau ideal untuk bermain gadget dalam sehari ? Pertanyaan ini pasti menjadi pertanyaan sejuta umat. Penelitian dilakukan dengan menganalisis screen time (waktu rata-rata yang dihabiskan untuk menggunakan gadget) dan kaitannya dengan tingkat kesejahteraan mental pengguna gadget tersebut. Mengetahui bahwa gadget seringkali digunakan khususnya oleh generasi muda, penelitian dilakukan pada 120.115 responden berusia 15 tahun. Penelitian ini juga menunjukan bahwa gadget lebih sering digunakan pada akhir pekan, di mana hal ini berkaitan dengan physical distancing yang sedang kita lakukan.

Tidak perlu khawatir menggunakan gadget karena penelitian mengatakan bahwa β€œData juga memperlihatkan tingkat kesejahteraan remaja meningkat seiring dengan makin lamanya menggunakan gadget. Tapi hanya sampai poin tertentu saja,”. Durasi ideal melakukan aktivitas online dalam sehari adalah selama 4 jam 17 menit atau 257 menit karena jika melebihi waktu ini, kesejahteraan pengguna gadget akan menurun.

Oleh karena itu, isilah waktu kita dengan melakukan kegiatan non-online seperti membaca buku, berolahraga, memasak, membersihkan rumah, dan lain halnya yang juga dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Tetap dirumah aja ya Vilovers πŸ™‚