Apa tanggapan Vilovers saat mendengar game online ? Merusak mata, menyita banyak waktu, membuat orang lupa melakukan aktivitas lain yang lebih penting. Faktanya, seperti hal lainnya dalam hidup yang mempunyai dampak buruk dan positif, game online juga tidak selalu membawa dampak buruk saja, melainkan dapat berpengaruh positif jika tidak dilakukan secara berlebihan. Pasti terasa sulit memahami dampak positif yang dapat dihasilkan dari bermain game online, langsung saja kenali beberapa dampak positif yang dapat diperoleh ini.

Dampak pertama yang dapat diperoleh dari bermain game online adalah untuk menambah dan mengasah aktivitas otak. Tidak seperti yang dilihat oleh orang yang tidak pernah bermain game online, setiap permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi agar dapat terus fokus mencapai skor tinggi. Dalam setiap game pasti ada tujuan untuk menyelesaikan misi sehingga kita harus memikirkan strategi yang tepat secara matang di mana otak kita diharuskan berinovasi.

Melatih dan membangun rasa sportif terhadap lawan. Layaknya berolahraga seperti sepak bola, basket, dan lainnya yang terbagi menjadi tim, pada umumnya game online juga mengharuskan kita untuk melawan sekelompok musuh atau lawan. Game yang dilakukan berulang kali pun pasti pernah diakhiri dengan kekalahan, oleh karena itu kita jadi dapat lebih memahami rasa kekalahan juga menerima perasaan tersebut. Dengan begitu, kekalahan dapat kita jadikan motivasi untuk mencoba yang lebih baik di ronde berikutnya.

Masih sedikit berhubungan dengan dampak positif sebelumnya, mengingat bahwa game online seringkali membagi kita ke dalam tim, pasti juga dibutuhkan kerjasama yang baik dalam tim agar dapat mencapai kemenangan atau tujuan yang diinginkan. Game online dapat melatih kebiasaan untuk berdiskusi, mendengarkan pendapat orang lain atau dapat dikonklusikan menjadi keahlian dalam berkomunikasi.

Terakhir, coba untuk tidak selalu memandang game online sebagai kegiatan yang menyita waktu untuk melakukan kegiatan lain, melainkan sebagai kegiatan untuk menghibur diri dari aktivitas yang melelahkan setiap hari agar semangat kembali terkumpul untuk belajar maupun bekerja. Ingat ya, semua dampak positif ini dapat diperoleh jika kita mengetahui batasan waktu yang tepat saat bermain! 🙂