Bibir menjadi salah satu aset berharga yang perlu dijaga kesehatannya agar penampilan dapat tetap maksimal. Salah satu masalah pada bibir yang dapat membuat diri tidak nyaman adalah bibir yang kering bahkan hingga pecah-pecah. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah loh, seperti pengaruh dari sinar matahari ataupun rendahnya kelembaban udara. Banyak hal sederhana dan yang mudah dilakukan untuk mengurangi kekeringan pada bibir.

Tidak hanya bibir saja, kulit pun dapat menjadi kering jika mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, dehidrasi ini dapat menjadi salah satu penyebab bibir kering. Cukup dengan minum air putih secukupnya setiap hari, kelembaban tubuh termasuk bibir akan tetap terjaga. Selain itu, makanan yang penting untuk kita konsumsi adalah buah-buahan dan sayur-sayuran terutama yang mengandung vitamin C sebagai solusi dari bibir kering dan pecah-pecah seperti apel, jeruk, brokoli, kembang kol, pepaya, dan masih banyak lagi.

Untuk produk-produk alami maupun non alami yang kita gunakan di bibir juga harus kita jaga. Pastinya untuk membuat penampilan lebih fresh, kebanyakan wanita akan memilih untuk menggunakan liptint, lipstick, lipgloss, dan produk lainnya. Untuk menghindari bibir kering, sebaiknya kurangi penggunaan lipstick matte yang tidak mengandung pelembab.

Nah ada juga beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk bibir kering. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan yaitu madu dengan sifat anti bakteri dan terbukti ampuh dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Oleskan madu asli pada bibir secara rutin untuk membuat bibir menjadi lembab. Selain itu, lipscrub juga penting untuk dilakukan agar dapat mengangkat kulit mati sehingga pecah-pecah pada bibir dapat dikurangi. Lipscrub pun terjual di pasaran dan dapat juga dibuat sendiri dengan mencampurkan 2 sendok makan gula pasir dan 1 sendok teh madu untuk dioleskan  pada bibir.

Saat bibir sedang kering, pasti secara sengaja maupun tidak sengaja, kita sering mencoba menghilangkannya dengan cara menjilati bibir sendiri. Faktanya, kebiasaan ini sangat tidak baik karena air liur dapat menambah kekeringan bibir. Jika bibir kering, sebaiknya selalu sedia dan gunakanlah lipbalm yang bagus untuk digunakan kapan saja terutama saat bibir terasa kering.