Apa definisi tidur yang nyaman dan berkualitas ? Pasti disaat kita mampu menciptakan suasana yang sesuai dengan keinginan kita saat tidur. Contohnya, ada beberapa orang yang lebih nyaman tidur dengan cahaya yang gelap, ada yang lebih nyaman dengan cahaya remang-remang, bahkan ada juga yang lebih nyaman dengan cahaya yang terang. Selain itu, ada juga beberapa orang yang nyaman tidur di ruangan yang bersuhu dingin ada juga yang nyaman tidur di ruangan yang bersuhu hangat.

Terlepas dari semua itu, kita tidak hanya harus memperhatikan tidur yang nyaman dan berkualitas, namun kita juga harus mengingat bahwa tidur yang sehat sangatlah penting. Tahukah kebiasaan tidak sehat apa yang sering dilakukan oleh banyak orang saat tidur ? Sebelum tidur, banyak orang menghabiskan waktunya bermain ponsel sehingga terkadang terlanjur merasa terlalu ngantuk dan meletakan ponsel dekat tempat tidur bahkan juga bisa tertidur sambil masih memegang ponsel.

Times of India melansir bahwa ponsel bisa memancarkan radiasi berbahaya, di mana radiasi ini dapat merusak otak yang menyebabkan kita merasakan sakit kepala, nyeri otot, bahkan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius. Selain itu, orang yang sering mengalami gangguan tidur dapat disebabkan oleh sinar biru dari ponsel yang dapat menghambat produksi hormon pendorong tidur (melatonin).

Untuk menghindari radiasi yang berbahaya, usahakan untuk menyimpan ponsel maupun alat-alat elektronik lainnya di ruangan yang lain yang bukan merupakan ruangan tidur Vilovers. Jika tidak di ruangan lain, setidaknya letakan ponsel dengan jarak minimal 1 meter dari kita. Hal yang pastinya harus diingat adalah untuk meletakkan ponsel di funritur lain selain tempat tidur kita.

Sebenarnya kita disarankan untuk menggunakan jam sebagai alarm sehingga ponsel tidak kita gunakan untuk membangunkan kita di pagi hari. Jika memang terpaksa menggunakan ponsel sebagai alarm, pastikan untuk mengubah pengaturan ponsel menjadi airplane mode untuk meminimalisir radiasi dari ponsel.

Walaupun segala cara diatas sudah lakukan, pastikan untuk berhenti memainkan ponsel di atas jam 11 malam agar tubuh dapat melakukan proses pemulihan alami dengan tidur yang tidak terganggu dengan radiasi.