Hari senin yang merupakan hari pertama yang mengawali minggu ini terkadang menjadi beban berat bagi banyak orang karena tanggung jawab yang harus dijalankan sesuai rutinitas pekerjaan seusai liburan. Selain pikiran dan perasaan yang terasa malas, kembali ke rutinitas pekerjaan juga dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lelah. Rasa lelah ini dapat muncul karena berbagai macam penyebab, seperti karena melakukan aktivitas yang berlebih, melakukan aktivitas yang tidak biasa dilakukan, hingga asupan gizi, olahraga, bahkan istirahat yang kurang.

Untuk mengantisipasi rasa lelah, pastikan kita mendapatkan tidur yang cukup sesuai dengan usia kita masing-masing. Dengan mendapatkan tidur yang cukup, kita dapat merasa tetap segar di keesokan harinya. Agar dapat mendapatkan tidur yang cukup, hindari juga penggunaan gadget agar waktu istirahat tidak terganggu. Jika memang masih terasa lelah pada saat bekerja, sisihkan 20-30 menit untuk tidur siang atau power nap agar rasa lelah dapat hilang dan kita pun dapat menjadi kembali produktif.

Selain memastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, pastikan juga untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang. Cara yang mudah adalah dengan makan dalam jumlah lebih sedikit dengan frekuensi yang sering agar kadar gula darah dapat tetap stabil. Dengan memiliki pola makan yang sehat, energi dalam tubuh dapat meningkat sehingga rasa lelah pun dapat dibasmi. Kita dapat menyiapkan berbagai camilan sehat seperti buah-buahan untuk dikonsumsi setiap jamnya saat bekerja.

Hal terakhir yang ingin kami sarankan untuk menjaga tubuh tetap semangat dan terhindar dari rasa lelah saat bekerja adalah dengan rutin berolahraga. Dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin, kita dapat meningkatkan energi dalam tubuh saat bekerja. Jika belum terbiasa melakukan olahraga yang terlalu berat, lakukanlah olahraga ringan selama 15 sampai 30 menit setiap harinya dengan berjalan kaki. Peregangan tubuh selama beberapa menit juga dapat dilakukan saat bekerja agar tetap semangat bekerja.

Selain menjaga pola tidur, makan, dan olahraga, masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap semangat saat bekerja. Jangan sampai perasaan lelah memberikan dampak negatif pada performa kerja. Pastikan kualitas kerja, motivasi kerja, kewaspadaan dan mental bekerja tetap terjaga. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar dapat terhindar dari perasaan lelah.