Pasti sering bukan mendengar dan bahkan memelihara rasa penasaran mengenai prinsip yang ditanamkan oleh orang cerdas yang dapat membuatnya sukses ? Terkadang untuk memahami prinsip tersebut, kita mencoba untuk membaca buku agar dapat masuk ke dalam pikiran orang-orang cerdas ini. Jika sudah mengetahui mengenai hal yang mereka lakukan, apa kalian yakin sudah dapat mengetahui dengan betul mengenai hal apa yang sebenarnya mereka tidak lakukan ?

Mari kita lihat beberapa hal yang orang cerdas ini pastikan untuk tidak dilakukan dan bagaimana caranya hal tersebut dapat mempengaruhi kehidupannya menjadi lebih sukses.

Salah satu hal yang pastinya dimiliki oleh semua orang cerdas adalah cara untuk mengontrol keuangannya. Apa contoh tindakan sederhana yang dapat mulai kita lakukan ? Isi botol minum di rumah sebelum bepergian sehingga tidak menghabiskan uang untuk membeli air mineral di luar yang akan tambah membuat diri menjadi boros. Pada dasarnya, orang cerdas tidak akan melihat dan membeli barang-barang yang tidak mempunyai arti, mereka akan lebih memaksimalkan keuntungan yang dapat diperoleh dari barang-barang yang sudah mereka miliki.

Selain itu, memang benar kita merupakan makhluk sosial yang memerlukan orang lain untuk bertahan hidup. Namun jika dihadapi dengan masalah tertentu khususnya masalah yang bersifat pribadi, ada baiknya jika kita melakukan pemikiran dan mengambil keputusan sendiri karena semua orang pun mempunyai masalahnya masing-masing dan jika kita menunggu orang lain untuk mengambil keputusan tentang masalah yang sedang kita hadapi, masalah tersebut tidak akan selesai dengan cepat. Selain itu, walaupun kita harus memastikan hubungan kita tetap baik dengan orang lain, tetap ketahuilah kondisi yang sesuai untuk setuju atau tidak setuju. Jika memang kita tidak setuju pada suatu pertanyaan, sebaiknya kita mengatakannya secara jujur tanpa penyesalan.

Perasaan marah setelah perkelahian dengan teman atau orang-orang yang kita kasihi merupakan sifat dasar manusia. Namun, kebanyakan orang cerdas tidak akan mengambil hati mengenai hal tersebut secara terus menerus. Mereka tidak merasa perlu untuk membalas dendam karena mereka percaya semua akan indah pada waktunya.

Tanamkan motto ‘Hope for the best, but prepare for the worst’ agar kita dapat menjadi orang yang sukses sehingga tidak mengendalikan keberuntungan setiap saat namun tetap bekerja keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.