Apa Vilovers memiliki maag ? Bagi Vilovers yang memiliki maag pasti sudah tidak heran lagi jika ada banyak makanan dan minuman yang menjadi pantangan agar gejala asam lambung tidak naik sehingga maag tidak muncul. Apa saja sih pantangan makanan dan minuman penderita asam lambung ?

  1. Makanan dan minuman yang tinggi lemak seperti daging merah, makanan penutup, dan susu tinggi lemak. Walaupun lemak dibutuhkan oleh tubuh, namun tetap dalam jumlah tertentu agar tidak memicu timbulnya gejala maag. Apa hubungannya ? Makanan dan minuman yang tinggi lemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga tidak mengakibatkan pengosongan lambung berjalan lebih lambat dan terjadinya produksi asam lambung berlebih.
  2. Makanan digoreng yang lezat dan menagihkan ternyata juga harus dihindari untuk mencegah kenaikan asam lambung dengan alasan yang sama seperti sebelumnya. Bagaimana ? Gorengan yang direndam dalam minyak panas mengandung banyak lemak trans.
  3. Tomat juga masuk ke dalam pantangan untuk mencegah naiknya asam lambung karena kandungan asam sitrat dan asam malatnya yang bisa memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, tomat yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat mempengaruhi sistem pencernaan, naik ke kerongkongan, dan memunculkan rasa tidak nyaman.
  4. Bagi penggemar coklat dan kopi, ini merupakan kabar buruk. Coklat dan kopi mengandung kafein dan stimulan lainnya yang bisa mengakibatkan meningkatkan asam lambung. Jadi, lebih baik konsumsinya dibatasi ya !
  5. Soda tidak hanya dapat membuat perut terasa kembung tapi juga dapat memicu peningkatan asam lambung sebagai gejala dari maag. Minuman ini bisa melemahkan otot yang berada di katup kerongkongan bagian bawah sehingga kemudian asam lambung akan naik. Selain itu, sama seperti coklat dan kopi, soda juga mengandung kafein yang bisa memudahkan munculnya gejala maag.

Walaupun sudah menghindari pantangan makanan dan minuman di atas, tetap batasi porsi makan agar tidak terlalu banyak dan jangan makan terlalu dekat dengan waktu tidur.