Kebanyakan Gorengan Bisa Ganggu Pencernaan

//Kebanyakan Gorengan Bisa Ganggu Pencernaan

Kebanyakan Gorengan Bisa Ganggu Pencernaan

Siapa sih yang gak suka gorengan. Bakwan, tempe, tahu isi pisang goreng, memang paling pas disantap kapanpun dimanapun, murah meriah pula. Gorengan selalu jadi makanan favorit banyak orang. Meskipun gorengan itu tergolong makanan yang gak sehat, lalu kenapa ya masih banyak disukai orang?

Padahal, masalah utama dari gorengan bukanlah gorengan itu sendiri, tapi minyak goreng yang dipakai! “Makanan berlemak seperti gorengan dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan. Alhasil, pengosongan lambung menjadi lebih lambat dan Anda akan semakin sulit buang air besar. Di satu sisi, makanan jenis ini juga dapat meningkatkan kontraksi pada saluran cerna dan membuat diare semakin parah,” jelas dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Gorengan juga tidak baik untuk dikonsumsi Anda yang menderita penyakit maag. Dengan kandungan lemak tinggi pada gorengan, lambung akan cepat terisi tapi lambat dicerna. Akibatnya, kita merasa cepat kenyang meski baru makan sedikit. Ini tentu saja dapat membuat kerja lambung terganggu.

Kalau memang kamu tidak bisa lepas dari gorengan, at least jangan beli gorengan di pinggir jalan lagi, tapi bikin sendiri saja dengan memperhatikan hal-hal berikut :

  • Membuat sendiri di rumah, sehingga kebersihannya pun terjamin. Gunakan jenis minyak goreng yang lebih sehat seperti minyak zaitun.
  • Jangan menggorengnya terlalu lama. Atur suhu minyak agar tak terlalu panas. Menurut penelitian, makin panas temperatur yang Anda gunakan, maka akan terbentuk suatu senyawa yang dinamakan akrilamida. Senyawa tersebut berkaitan dengan meningkatkan faktor risiko penyakit jantung dan koroner. Jika gorengan sudah berwarna kecokelatan, segera angkat.
  • Jangan gunakan minyak yang sudah berubah warna. Jangan menggunakan minyak berulang-ulang, apalagi yang sudah berubah warna menjadi kecokelatan, bahkan sampai hitam pekat. Anda bisa mengganti minyak goreng setelah tiga kali pakai atau saat sudah berubah warna.
  • Keringkan gorengan dengan tisu makanan (paper towel). Jangan lupa untuk membersihkan sisa minyak di gorengan dengan menepuk-nepuk tisu makan. Ini penting untuk mengurangi minyak.

By | 2019-02-15T20:50:36+00:00 Januari 29th, 2019|Artikel|0 Comments

Leave A Comment