Tidur merupakan kegiatan yang digemari hampir semua orang. Setelah lelah 1 harian penuh melakukan aktivitas yang tiada hentinya, tidur dapat menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Saat tidur, apa Vilovers cenderung mempunyai bunga tidur atau yang lebih dikenal dengan sebutan mimpi ? Tidak semua orang sering bermimpi, namun ada juga orang yang pernah atau bahkan sering bermimpi dengan kesadaran yang penuh. Apa Vilovers pernah mengalami hal ini atau yang sering terdengar dengan kata lucid dream ?

Lucid dream merupakan sejenis mimpi yang dapat membuat kita memiliki kesadaran penuh bahwa kita memang sedang bermimpi. Walaupun seringkali dikaitkan dengan hal yang berbau mistis, lucid dream ternyata bukan merupakan suatu kejadian yang aneh.

Penelitian di Brazil yang melibatkan 3.427 peserta berusia rata-rata 25 tahun menunjukkan bahwa sekitar 77% responden pernah mengalami lucid dream setidaknya satu kali selama hidupnya. Selain itu, 23% orang yang setidaknya mengalami lucid dream setidaknya 1 kali dalam 1 bulan.

Tidur memiliki 4 tahap pada umumnya yaitu tidur ayam, mulai tertidur, tidur nyenyak, dan tidur REM (Rapid Eye Movement atau gerakan mata cepat). Tahap terakhir yaitu REM merupakan fase di mana otak kita berada dalam kondisi yang paling aktif di mana detak jantung dan gerakan mata dapat meningkat. Ada orang yang mengalami lucid dream secara spontan, namun ada juga yang dapat melatih diri agar bisa mengalami lucid dream. Lucid dream ini biasanya dapat dialami pada tahap REM.

Nah apa sih hal yang memicu lucid dream ? Ada studi yang menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 240 mg vitamin B6 selama 4 malam sebelum tidur dapat dengan mudah mengingat mimpi ketika bangun. Studi ini membuktikan bahwa perubahan tertentu pada makanan bisa memicu lucid dream dengan mudah. Selain makanan, meditasi sesuai riset tahun 2015 juga bisa memicu terjadinya lucid dream.

Tidak hanya patut dipandang sebagai sesuatu yang mistis, lucid dream juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kita. Selain dapat meredakan kecemasan, lucid dream dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan motorik.