Bagi Vilovers yang punya buah hati berusia 6 bulan sampai sekitar 10 bulan, sudah saatnya memikirkan MPASI atau makanan pendamping ASI. Pada usia tersebut si kecil sudah siap menerima nutrisi selain dari Air Susu Ibu, maka dari itu diperlukan perhatian khusus untuk asupan pendukung ASI tersebut. Pada usia tersebut si kecil pun sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap makanan di sekitarnya, seringkali ia meminta makanan apa yang orangtuanya makan.

Sampai pada saatnya nanti ia mulai meminta makanan menggunakan kedua tangannya sendiri. Jika itu terjadi, sebaiknya Vilovers biarkan ia memakan dengan kedua tangannya sendiri, jangan disuapi ya. Melansir dari laman parenting.com, membiarkan anak makan sendiri dengan kedua tangannya adalah hal yang sangat baik. Ini bisa melatih anak lebih fokus, mandiri juga menikmati setiap rasa pada makanan yang ia makan. Para ahli menyarankan agar orangtua memberikan makanan atau finger food yang enak, sehat dan tentunya terbaik untuknya. Inilah beberapa finger food yang terbaik buat anak saat MPASI.

Pisang

Makanan enak dan sehat yang pertama ada pisang. Pisang mengandung berbagai nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang anak. Pisang juga memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sesuai selera buah hati. Pisang adalah makanan yang sangat baik untuk sistem pencernaan anak.

 

Alpukat

Makanan senak selanjutnya ada buah alpukat. Buah yang satu ini juga memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang pas untuk lidah anak. Alpukat bahkan memiliki berbagai macam nutrisi yang mengesankan buat tumbuh kembang anak.

 

Tahu atau Tofu

Tahu atau tofu juga bisa menjadi finger food terbaik buat anak. Tahu atau tofu mengandung nutrisi yang sangat diperlukan tumbuh kembang anak. Tahu atau tofu juga memiliki tekstur yang sangat lembut. Tahu atau tofu bisa dimasak sup atau digoreng dulu sebelum diberikan ke buah hati sebagai finger food.

 

Jika Vilovers kehabisan ide untuk memberikan MPASI kepada si kecil, pantau terus www.vicenza.id untuk mendapatkan inspirasi sehari-hari, tunggu artikel selanjutnya ya 🙂