Selain jengkol, petai juuga merupakan salah satu makanan yang dihindari oleh kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan bau mulut yang ditimbulkan setelah mengonsumsi makanan tersebut. Di Indonesia, kita dapat menjumpai berbagai macam olahan petai yang menggugah selera.

Bau tak sedap yang ditimbulkan sehabis mengonsumsi petai disebabkan oleh kandungan asam amino dan unsur belerang di dalamnya. Walaupun bau, ternyata petai memiliki berbagai macam manfaat lho. apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah penjelasan mengenai manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi petai.

Mengandung Antioksidan

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam petai adalah flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan alami. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas yang banyak ditemukan seperti diabetes dan kanker. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa, kandungan antioksidan dalam petai merupakan yang palinhg tinggi di antara tumbuh-tumbuhan.

Melawan Bakteri

Ekstrak biji petai memiliki kemapuan untuk menekan pertumbuhan dari baketri jahat. Hexathionine dan trithiolane merupakan kandungan dari petai yang memiliki kemapuan untuk melawan bakteri. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa, petai paling efektif dalam melawan bakteri golongan gram-negatif.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Petai memiliki kandungan potassium dan rendah garam. Hal ini membuatnya mampu untuk menyeimbangkan detak jantung kita sehingga aliran darah di dalam tubuh akan tetap stabil. Walaupun belum ada hasil medis yang menyatakan bahwa petai dapat mengatasi tekanan darah tinggi, namun dipercaya petai dapat melakukannya.

Itulah beberapa manfaat petai yang jarang diketahui oleh orang banyak. Jadi, jangan takut untuk mengonsumsi petai. Walaupun aromanya tidak sedap, tapi manfaatnya bisa kita dapatkan. Hidup akan lebih sehat bersama Vicenza.