Semakin berkembangnya teknologi, kini kita pun tak perlu lagi repot-repot memasak nasi dengan kuali dengan metode mengukus seperti zaman orangtua kita dulu. Kini hampir semua rumah tangga sudah memiliki rice cooker yang dapat memasak nasi tanpa harus repot lagi. Bahkan sebagian besar rice cooker didevelop dengan fitur otomatis, sehingga, kamu bisa masak nasi dan meninggalkannya untuk melakukan aktivitas lain, nanti juga matang sendiri.

Tapi banyak juga yang berpendapat, masak nasi dengan rice cooker bikin nasi cepat basi. Nah, tahukah kamu apa penyebabnya? padahal bukan rice cookernya yang bikin nasi tersebut basi lho Vilovers.

Nyatanya yang bikin nasi cepat basi adalah karena ada air yang terperangkap di antara butiran nasi. Menurut seorang ahli bernama Profesor Mikrajuddin mengatakan nasi yang tidak diaduk setelah matang di rice cooker akan membuat air terperangkap di antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama.

“Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi,” katanya.

Nasi yang diaduk akan membuat ruang kosong di antara butiran nasi

Alasan Penting Kenapa Nasi di Rice Cooker Harus Diaduk Setelah Matang

Jika saja kamu mengaduk nasi saat hendak tanak, justru akan membuat nasi tersebut bertahan lebih lama, karena jika diaduk, akan tercipta ruang kosong di antara butiran nasi. Nah, ruang kosong ini lho yang bisa membuat air yg terperangkap di butiran nasi, bisa terangkat dan menguap keluar.

Selain diaduk setelah matang, nasi juga bisa awet pakai jeruk lemon

Alasan Penting Kenapa Nasi di Rice Cooker Harus Diaduk Setelah Matang

Selain diaduk, kamu juga bisa menggunakan metode yang satu ini, yaitu menggunakan perasan air jeruk lemon untuk membuat nasi tidak cepat basi, kenapa lemon? Air jeruk lemon dipercaya bisa membuat tekstur nasi semakin lembut. Selain itu, warna nasi menjadi lebih putih dan tak akan mudah basi atau kering. Sebelum memasak nasi, tambahkan beberapa tetes air jeruk lemon ke dalam beras.

Bagi kamu yang memiliki aktivitas segudang dan tidak sempat memasak apapun dirumah, bahkan nasi sekalipun, Vicenza punya solusinya

Kamu gak perlu menghabiskan waktu memasak dengan berdiri di depan kompor panas dan tetap mendapatkan masakan yang matang sempurna, mau tahu caranya? Gunakan magic cooker Vicenza untuk memasak lebih mudah dan praktis, dengan kapasitas 1.8 liter, magic cooker Vicenza di desain cantik modern dengan motif khas Vicenza, seperti padi dan lily. Dengan Magic Cooker Vicenza, Anda dapat membuka dan menutup hanya dengan menekan satu tombol pada bagian tutupnya. 3 in 1, anda dapat melakukan 3 metode, menghangatkan, memasak, dan mengukus sekaligus dengan magic cooker Vicenza. Tidak perlu kuatir listrik mahal, untuk memasak, magic cooker hanya mengonsumsi listrik 380 watt untuk memasak dan 60 watt untuk menghangatkan. Masukan bahan makanan dan tunggu hingga matang selagi Anda dapat melakukan hal lain, seru bukan!