Hi Vilovers ! Mengingat bencana banjir yang melanda beberapa wilayah di Jakarta beberapa waktu yang lalu, apa ada diantara Vilovers yang mengalami kebanjiran juga ? Jika iya, seberapa parahkah banjir yang kalian alami ? Dari beberapa berita yang beredar, tingginya air banjir pun bervariasi di setiap wilayah. Mulai dari yang hanya semata kaki, sampai dengan seleher. Sebagai makhluk hidup yang dapat bergerak, pastinya kita dapat menyelamatkan diri jika air banjir masuk ke dalam rumah. Namun, bagaimanakah dengan perabotan rumah tangga elektronik ?

Seperti yang kita semua ketahui, barang elektronik tidak sebaiknya terkena air apalagi terendam air karena potensinya yang tinggi untuk mengalami kerusakan. Jika banjir sudah terlanjur terjadi, tidak ada hal yang dapat kita lakukan untuk menghindarkan perabotan rumah tangga elektronik dari genangan air. Walaupun hal ini tidak dapat diantisipasi, hal ini tetap dapat diatasi.

Beberapa peralatan elektronik yang sifatnya portable akan lebih mudah diatasi karena sifatnya yang mudah dibawa kemanapun. Beberapa contohnya adalah seperti hairdryer, setrikaan, atau bahkan oven dan televisi berukuran kecil. Peralatan ini dapat langsung dicabut dari saklar listrik, segera dibersihkan dan tentunya langsung dikeringkan. Sebelum mencoba untuk digunakan kembali, pastikan semua peralatan ini sudah benar-benar kering sehingga kita dapat mengetahui dengan pasti alat tersebut masih dapat digunakan atau tidak.

Untuk peralatan yang lebih besar seperti kompor, mungkin penangannya akan lebih rumit. Sebagai langkah awal, kompor patinya harus dilepaskan dari gas, lalu penutup kompor dapat dibuka agar insulasi dapat mengering lebih cepat. Pastikan untuk menyalakan kompor hanya setelah insulasi telah kering. Jika kenpok dan rheostat kompor basah, hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan menggantinya sebelum menggunakannya.

Peralatan lain yang sifatnya besar juga adalah kulkas yang pastinya memiliki banyak kegunaan dalam rumah tangga. Jika rumah digenangi air banjir yang cetek sehingga hanya merendam kaki-kaki kulkas, kita dapat lebih mudah mengatasinya yaitu dengan memeriksa sistem pendingin kompresor di bagian bawah dan belakang kulkas agar segelnya tetap dalam kondisi yang baik. Jika kulkas terendam air seluruhnya, hal yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengganti kulkas dengan yang baru karena insulasi bisa basah dan tidak dapat dibenarkan tanpa merusak rak-rak kulkas.