Salah satu makanan Indonesia yang unik dan digemari oleh beberapa kelompok orang tertentu adalah pete. Siapa yang tidak tahu pete ? Walaupun banyak orang yang menggemari makanan ini, tidak sedikit juga orang yang menghindari makanan ini karena orang yang mengkonsumsinya cenderung mengalami efek samping berupa bau yang sifatnya tidak enak. Walaupun begitu, pete seringkali tidak dapat dihindari karena makanan ini sering disertakan dalam banyak makanan khas daerah Indonesia.

Beberapa contoh makanan yang sering menyertakan pete di dalamnya adalah udang cabai, nasi goreng, bahkan sambal teri. Berbahagialah kita semua yang menyukai pete karena makanan ini berpotensi untuk dikembangan menjadi salah satu jenis tanaman pengobatan herbal. Banyak sekali loh manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi pete, mau tau apa saja ? Simak artikel ini lebih lanjut.

Selain dapat membawa kesehatan tertentu bagi tubuh seperti menurunkan kadar gula darah, mengatasi anemia dengan merangsang proses produksi sel darah merah, mempunyai peran sebagai anti-bakteri dan anti-kanker, masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi pete yang tentunya menarik untuk dimengerti lebih dalam.

Dalam segi psikolog, banyak hal positif yang dapat kita peroleh. Sering merasa stres atau bahkan depresi ? Percaya atau tidak kandungan triptofan sebagai senyawa protein yang diubah tubuh menjadi serotonin dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan bahagia. Selain itu, bagi kaum perempuan yang setiap bulan pasti mengalami perubahan gejolak mood pada saat PMS (Premenstrual Syndrome), konsumsilah pete ! Tanpa meminum jamu khusus atau bahkan obat, vitamin B6 yang terkandung dalam pete dapat mengatur kadar gula darah yang berfungsi untuk memperbaiki mood saat PMS.

Mengingat kebiasaan banyak orang Indonesia yang merokok, hal yang lebih menakjubkan lagi ternyata dengan mengkonsumsi pete, kebiasaan merokok seseorang dapat terbantu untuk dihilangkan. Tentu saja pengkonsumsiannya harus dengan rajin ya. Bagaimana caranya ? Vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kalium, dan potasium yang terkandung dalam pete dapat mengatasi kecanduan nikotin yang dialami oleh para perokok.