Mengkudu merupakan salah satu buah tropis yang sering dapat ditemukan di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia. Memiliki buah dengan tekstur yang unik, mengkudu mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selama ribuan tahun, mengkudu sudah digunakan sebagai bagian dari medis.

Diketahui bahwa mengkudu dapat meredakan berbagai macam penyakit, salah satunya demam. Hal itu dikarenakan di dalam buah mengkudu terdapat antioksidan yang dapat melawan virus di dalam tubuh kita. Selain demam tenyata masih banyak lho manfaat dari mengkudu. Apa saja itu? Silahkan simak artikel berikut ini.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Menurut sebuah penelitian, buah mengkudu ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan scopletin yang terdapat dalam buah mengkudu memiliki sifat anti-bakteri, anti-histamin dan anti-inflamasi yang dapat meningkatkan mekanisme partahanan dalam tubuh kita. Berkat kandungan anti-bakteri di dalam mengkudu, kita juga dapat menghindari penyakit seperti gangguan pencernaan, infeksi kulit serta infeksi saluran kencing dengan mengonsumsinya.

Menurunkan Kolesterol

Hasil sebuah peneitian yang diterbitkan dalam The Scientific WorldJournal pada tahun 2012 mengatakan bahwa mengkudu dapat mengurangi low-density lipoprotein atau bentuk kolestrol yang buruk. 29 sampai 200 ml jus mengkudu dapat mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan yang tinggi.

Mencegah Penuaan

Salah satu model ternama asal Australia, Miranda Kerr, mengonsumsi mengkudu dalam bentuk jus selama 14 tahun. Hal itu dilakukan agar dirinya dapat mencegah penuaan dini. Mengkudu yang mengandung Vitamin C dan selenium dapat melawan radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit kita. Selain dikonsumsi, mengoleskan buah mengkudu ke kulit juga dapat membuat kulit lebih lembab berkat antioksidan yang terdapat didalamnya.

Mencegah kanker

Antioksidan yang terdapat dalam mengkudu dapat menurunkan risiko terhadap kanker. Mengkudu juga menunjukkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. Dengan mengonsumsi mengkudu secara rutin, maka risiko terkena penyakit kanker akan semakin kecil.

Mengkudu merupakan buah yang kaya akan manfaatnya. Biasanya, orang akan mengonsumsi mengkudu dengan cara mengolahnya menjadi jus. Mengonsumsi mengkudu secara rutin akan membuat tubuh lebih sehat. Hidup akan lebih sehat bersama Vicenza