Buang air kecil merupakan kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Proses buang air kecil ini dikarenakan oleh kerjanya beberapa organ dalam tubuh termasuk kandung kemih yang berfungsi untuk menampung urine (air kecil) sebelum akhirnya dikeluarkan. Sebagai salah satu kebiasaan yang dilakukan setiap hari, penting bagi kita untuk dapat menjaga kesehatan agar tubuh tidak terserang berbagai penyakit kandung kemih.

Sebagai salah satu organ yang tidak terlalu sering disebut layaknya jantung, hati, dan lainnya, apa Vilovers yakin sudah menjaga kesehatan kandung kemih sebagai salah satu organ penting dalam tubuh kita ? Cara menjaga kandung kemih begini :

  1. Pastikan kita sering minum air putih karena jika kita kekurangan air putih, selain tubuh dapat mengalami dehidrasi, urine akan menjadi lebih pekat dan potensi terjadinya sembelit meningkat. Tidak sampai situ saja, lama kelamaan kebiasaan kekurangan minum dapat mengiritasi kandung kemih sehingga dapat memicu inkontinensia urine. Selain minum air putih, kita dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan makan sup atau minum jus.
  2. Selain memastikan tubuh memperoleh kebutuhan cairan yang ideal, pastikan juga kita membatasi makanan dan minuman yang dapat mengiritasi kandung kemih. Membatasi berbeda dengan menghindari sehingga pastikan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak buah-buahan masam, makanan pedas, makanan yang terbuat dari tomat, minuman bersoda, kopi, teh, dan minuman beralkohol.
  3. Jangan menahan buang air kecil karena setiap kita buang air kecil, tubuh juga mengeluarkan bakteri yang berperan untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Dengan menahan buang air kecil, bakteri yang seharusnya dibuang bisa kembali naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi. Pastikan bahwa setiap kali buang air kecil kita melakukannya sampai tuntas untuk meminimalisir terjadinya infeksi saluran kemih.
  4. Latihan otot panggul untuk menguatkan otot panggul yang menopang organ di area tersebut, meningkat kontrol kandung kemih, dan juga mencegah terjadinya inkontinensia urine. Kita bisa melakukan senam Kegel dengan berbaring, kencangkan otot panggul bawah seperti saat menahan air kecil selama 5 detik. Setelah itu, lemaskan otot panggul selama 5 detik dan ulangi sebanyak 4 hingga 5 kali. Kita juga bisa menambah durasi menjadi 10 detik dan seterusnya sesuai dengan kemampuan.

Salam sehat !