Minum Teh Setelah Makan?

//Minum Teh Setelah Makan?

Minum Teh Setelah Makan?

Vilovers, pasti sudah gak aneh ya kalau kita minum teh setelah makan. Secara sadar atau tidak, jika kita makan di warung makan, seringkali pesan minum es teh, teh manis, atau teh tawar kan? Ngaku deh! Meski teh itu termasuk minuman sehat, tapi ternyata efeknya nggak baik kalau teh langsung diminum setelah makan. Kenapa ya?

Mengganggu Pencernaan & Menghambat Penyerapan Protein dan Zat Besi

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan asam tanin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan protein dan zat besi, seperti dilansir dari Hello Sehat. Protein dan zat besi dari makanan yang harusnya bisa diserap tubuh malah terikat oleh asam tanin dan polifenol teh di dalam usus.

Padahal, kedua nutrisi ini penting banget lo buat menjalankan berbagai fungsi tubuh, seperti membentuk jaringan dan sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menghasilkan darah yang kaya oksigen.

Senyawa Antioksidan pada Teh juga Berkurang

Minum teh tepat setelah makan memang menyegarkan sih. Tapi sayang, efeknya nggak cuma mengikat protein dan zat besi, kandungan antioksidan baik yang ada di dalam teh juga jadi berkurang. Padahal yang tadinya antioksidan ini bisa memelihara kesehatan jantung, memperlancar peredaran darah dan mencegah kanker, malah jadi menurun ketersediaannya ketika udah masuk ke tubuh dan bercampur dengan makanan yang belum tercerna sempurna. Kan sayang~

Bikin Dehidrasi

Rasa segar yang ditawarkan oleh es teh atau teh hangat yang diminum setelah makan hanyalah sementara. Minum teh setelah makan justru hanya akan meningkatkan rasa haus dan dehidrasi setelahnya. Dehidrasi ini dipicu oleh sifat diuretik atau bikin kamu pengen buang air kecil terus menerus yang terdapat di dalam daun teh kering.

Lagi-lagi, ini bukan larangan ya Vilovers, tapi ada baiknya jika dikurangi setelah tahu faktanya. Alangkah baiknya kalau kita menikmati teh saat sore hari yang disajikan dengan kue-kue dalam wadah Vicenza, eh cangkirnya juga harus pake Vicenza ya! Sudah punya belum? Yuk order langsung di www.tokovicenza.com

By | 2019-02-15T20:52:36+00:00 Januari 20th, 2019|Artikel|0 Comments

Leave A Comment