Ada banyak kejadian yang dipikirkan maupun dirasakan oleh tubuh kita setiap pagi setelah bangun tidur. Selain rasa mengantuk, terkadang ada perasaan lain seperti mual yang dirasakan. Rasa mual pastinya membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan tidak semangat sehingga mood juga sudah mulai terbentuk menjadi tidak enak dari pagi.

Apakah rasa mual di pagi hari ini pertanda adanya penyakit dalam tubuh ? Belum tentu. Ada beberapa penyebab sederhana yang dapat kita alami dan seringkali terlewatkan untuk kita perhatikan loh.

Coba perhatikan jam tidur anda, apakah anda sudah memiliki waktu tidur yang cukup ? Jika waktu tidur belum cukup, tubuh dapat membuat hormon neuroendokrin yang tidak seimbang sehingga hal ini dapat memicu rasa mual. Berbagai masalah yang berhubungan dengan tidur semalam sebelumnya yang bisa jadi insomnia, jet lag atau tidur tidak nyenyak juga dapat menjadi pemicu rasa mual di pagi hari.

Semalam, makanan apa yang kalian santap ? Jangan sampai makanan tersebut terkontaminasi bakteri Salmonella yang dapat menimbulkan rasa mual sebagai gejala dari keracunan makanan. Selain itu, lapar yang dirasakan saat bangun tidur juga dapat membuat gula darah rendah sehingga tubuh dapat merasakan mual. Perhatikan waktu anda mengkonsumsi makanan ! Jika anda mengkonsumsi makanan terakhir jam 7 malam dan cenderung tidak sempat sarapan, telat makan ini dapat menyebabkan asam lambung naik mencapai kerongkongan sehingga dapat melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

Perasaan emosional seperti perasaan cemas juga dapat memicu rasa mual loh. Aktivitas yang menegangkan seperti bertemu dengan klien penting, menghadapi ujian dan sebagainya dapat membuat tubuh menjadi mual. Rasa mual dapat dipicu dari otot perut yang berkontraksi secara berlebihan karena kadar asam dan enzim dalam perut yang kacau karena berbagai emosi yang dirasakan seperti stres atau gugup.

Untuk menjalankan hari secara lebih maksimal tanpa membuat tubuh dan diri tidak mood, perhatikan dan perbaikilah pola hidupmu ! Yuk sehat bersama 🙂