Sebentar lagi merupakan hari Imlek nih, yaitu perayaan tahun baru masyarakat etnis Tionghoa ataupun keturunan China. Jika kita masuk ke dalam toko-toko baju yang ada di dalam ataupun di luar mall, pasti dapat terlihat dengan jelas bahwa warna merah mendominasi seluruh warna yang ada dalam toko. Hal ini terjadi karena saat merayakan Imlek, keluarga besar akan berkumpul mengenakan baju baru untuk menandakan tahun yang baru.

Dalam acara yang penuh dengan sukacita ini, pada umumnya orang tua akan memberikan amplop merah dengan sebutan angpao yang berisikan uang kepada anak-anak dalam keluarga yang belum menjadi orang tua saat mereka mengatakan “Gong Xi Gong Xi” dengan dua tangan bersatu mengepal di depan dada.

Namun, tradisi unik ini dirayakan dengan cara yang berbeda-beda di setiap negara yang tentunya sudah menjadi tradisi sejak lama. Yuk simak beberapa tradisi Imlek di beberapa negara berikut :

  1. Di Hong Kong, pada H-1 perayaan Imlek masyarakat akan datang ke flower market yang diselenggarakan di beberapa tempat. Acara pembelian bunga ini lah yang menjadikan tradisi Imlek menjadi unik di Hong Kong sebagai penyambutan pergantian tahun baru dan juga sebagai simbol keberuntungan bagi masyarakat etnis Tionghoa. Perayaan tahun baru Imlek pun akan diadakan sekitar 14 hari.

2. Di London, sejumlah besar restoran menawarkan beberapa menu khusus untuk menghormati perayaan tahun baru Imlek. Perayaan pada hari H akan digelar dengan festival yang diadakan di Trafalgar Square dan akan ada penampilan akrobat, penari, seniman beladiri sampai sejumlah artis China yang akan menghibur pengunjung.

Performance at the Chinese New Year celebrations 2004, Trafalgar Square, London, England.

3. Di Singapura, Chinatown akan menjadi tempat penyelenggaraan acara China Street Light Up pada hari H Imlek. Pada acara ini, Chinatown akan dipenuhi lampu-lampu indah yang menghiasi jalan utama. Tentunya akan ada juga barongsai juga pertunjukkan tari yang akan meramaikan acara. Makanan khas Imlek seperti dendeng manis dan beragam kue juga dapat ditemui di acara ini.

4. Di Sydney, selain kita dapat melihat lampu berwarna merah yang menghiasi beberapa bangunan ikonik seperti Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge, masyarakat juga dapat menikmati berbagai makanan Asia di Lunar Market. Hal yang mungkin dapat dikatakan sebagai acara yang paling spesial untuk merayakan Imlek adalah adanya kompetisi perahu naga di Cockle Bay.

Menarik bukan mengetahui bahwa seluruh negara di dunia merayakan Imlek dengan cara yang berbeda-beda dengan dekorasi China berdominan warna merah ? Mengingat perayaan Imlek akan berlangsung hanya dalam beberapa hari lagi, nah buat Vilovers yang merayakan mari kita mulai hias rumah dengan dekorasi cantik yang menarik !