Hari Selasa tanggal 18 Februari 2020, satu Indonesia dibuat terkejut dan tentunya dipenuhi oleh perasaan sedih mendengar berita bahwa salah satu orang hebat di tanah air telah meninggal. Siapa yang tidak tahu Ashraf Daniel Mohamad Sinclair ? Aktor juga pengusaha dan investor di beberapa bisnis yang lahir di Croydon, Inggris dan besar di Malaysia yang juga merupakan suami dari aktris terkenal tanah air yaitu Bunga Citra Lestari dan merupakan ayah dari 1 orang anak lelaki bernama Noah Aidan Sinclair.

Ashraf Daniel Mohamad Sinclair atau yang lebih akrab dengan panggilan Ashraf, meninggal pada pukul 04.51 WIB. Penyebab meninggal nya Ashraf dikabarkan oleh manajer BCL, Doddy karena serangan jantung.

Serangan jantung merupakan kondisi darurat di mana ada pemutusan atau penghentian aliran darah yang seharusnya membawa oksigen ke jantung. Tentunya kondisi yang berbahaya ini dapat merusak otot jantung karena tidak mendapatkan oksigen sehingga dapat menyebabkan kematian.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pastinya kita harus mengetahui dengan betul gejala serangan jantung. Walaupun gejala akan berbeda pada setiap orang yang didasarkan oleh usia, jenis kelamin, bahkan tingkat keparahannya, ada beberapa gejala umum yang dapat dikenali.

  1. Rasa nyeri, tertekan pada dada bahkan terasa sesak selama beberapa menit baik itu menetap maupun hilang timbul. Nyeri ini juga dapat menjalar ke tulang dada, punggung, lengan, pundak kiri, leher, rahang dan juga bagian atas tubuh.
  2. Nyeri ulu hati, gangguan pencernaan, mual bahkan hingga muntah.
  3. Keringat dingin, pusing, dan terasa lemas.
  4. Detak jantung cepat tidak beraturan.
  5. Perubahan status mental.

Jika sedang berada sendirian, langsung panggil orang lain atau bahkan ambulans untuk membawa diri ke rumah sakit. Jika melihat orang dengan serangan jantung, ada juga beberapa pertolongan pertama untuk membantu :

  1. Pastikan pasien duduk dengan tenang baik di kursi, ataupun lantai dengan bersandar di dinding sehingga tidak berisiko mengalami cedera jika pingsan.
  2. Longgarkan pakaian untuk membantu mengurangi rasa sesak.
  3. Untuk obat, jika pasien sudah diresepkan oleh dokter obat nitrogliserin segeralah berikan dengan meletakkan tablet di bawah lidah. Jika tidak, pastikan pasien tidak memiliki riwayat pendarahan maupun alergi, lalu berikan 325 miligram aspirin untuk dikunyah.
  4. Berikan motivasi yang positif sambil menunggu bantuan.

Ketahuilah hal penting ini demi kesehatan diri sendiri dan juga orang-orang di sekitar. Artikel ini pun dibuat untuk menghormati kepergian salah satu orang hebat di tanah air kita.

Rest In Peace, Ashraf Daniel Mohamad Sinclair.