Vilovers, pernah gak sih saat sedang diam saja bersantai atau bahkan tidur, rasanya ingin menggerak-gerakan kaki atau mungkin bagian tubuh lainnya ? Pernah bertanya kah kenapa bisa ada keinginan seperti ini tiba-tiba ? Kejadian ini mungkin menunjukan bahwa Vilovers mengalami restless leg syndrome atau yang biasa disebut RLS yaitu gangguan yang berhubungan dengan gerakan atau sensasi pada tubuh.

Rasa yang dialami oleh penderita RLS pada umumnya adalah kesemutan, rasa panas, gatal, menggelitik, maupun rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, secara tak sadar kita beranggapan bahwa solusinya adalah dengan menggerak-gerakan kaki agar dapat mengurangi rasa tidak nyaman yang dirasakan. Jika saat ini juga tiba-tiba Vilovers mengalami kejadian ini, tidak langsung dapat dikatakan bahwa Vilovers mengalami RLS, ada gejala lain yang dapat dialami oleh penderita :

  • Selalu terdorong untuk menggerak-gerakan kaki atau bagian tubuh lain yang terasa tak nyaman karena rasa tak nyaman tersebut akan hilang selama anggota tubuh tersebut digerakan.
  • Duduk dalam jangka waktu yang lama, saat berkendara, maupun sedang naik pesawat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman ini semakin sering terjadi. Intinya, rasa tak nyaman bahkan sensasi gatal dapat keluar saat penderita sedang beristirahat.
  • Gejala akan semakin terasa saat malam hari.

RLS dapat didiamkan begitu saja, namun dalam beberapa kasus yang sudah sedikit terlalu parah, gangguan ini dapat menyebabkan kesulitan tidur. Kesulitan tidur inilah yang tidak didiamkan begitu saja karena tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Lalu apa yang bisa kita lakukan saat kita memang sudah merasa bahwa kita merupakan penderita RLS yang mengalami kesulitan tidur akibat harus menggerakan bagian tubuh tertentu karena rasa tak nyaman ?

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi  seperti sayur-sayuran, berjalan-jalan sebentar sebelum tidur dan pijat bagian tubuh yang terserang, lakukan meditasi juga yoga, dan hindari rokok juga alkohol.