Hari ini merupakan hari besar bagi sejumlah umat tertentu, seperti yang dapat terlihat di kalender bahwa hari ini merupakan tanggal merah, Vilovers sudah tahu dong hari ini hari besar apa ? Tanggal 25 Maret ini bertepatan dengan salah satu hari besar bagi umat Hindu yaitu perayaan Tahun Baru Saka atau yang lebih dikenal dengan Hari Raya Nyepi.

Di mana sih Hari Nyepi ini paling meriah dirayakannya ? Pulau Bali merupakan pulau di Indonesia yang mayoritas warganya menganut kepercayaan Hindu. Apa sih yang dilakukan untuk merayakan hari Nyepi ? Hari ini, umat Hindu akan melaksanakan acara yang dinamakan dengan Catur Brata yaitu penyepian yang terdiri dari amati geni (tidak menggunakan dan menghidupkan api), amati karya (tidak melakukan pekerjaan), amati lelungan (tidak bepergian kemana-mana), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan dalam bentuk apapun). Oleh karena itu, pada umumnya semua lampu, suara, lalu lintas maupun aktivitas duniawi akan dihentikan.

Bukan hanya itu, ada juga beberapa ritual lain yang dilaksanakan dalam tradisi ini. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, umat Hindu paling banyak terdapat di pulau Bali. Adakah dari Viilovers yang merupakan salah satu warga Bali ? Sebelum, saat, dan sesudah hari Nyepi kita dapat melihat segala kegiatan yang menarik. Apa saja sih kegiatan menarik ini ?

2 Hari sebelum jatuhnya hari Raya Nyepi, umat Hindu akan melaksanakan kegiatan yang dinamakan dengan Upacara Melasti yaitu sembahyang di laut. Air suci yang disebut Angemet Tirta Amerta diberikan pada umat Hindu untuk mencapai tujuan dari perayaan ini. Tujuannya adalah untuk menyucikan diri dari segala macam pikiran, perkataan, dan perbuatan yang kotor sebelum umat Hindu melaksana kan hari Raya Nyepi. Selain itu menyucikan diri, benda sakral milik tempat ibadah Hindu akan diarak keliling desa untuk menyucikan desa tersebut.

H-1 perayaan hari Nyepi, kegiatan selanjutnya yang dilakukan adalah Tawur Kesanga atau Mecaru yang identik dengan pawai festival ogoh-ogoh. Umat Hindu maupun warga Bali pasti sudah tidak asing dengan ogoh-ogoh yang merupakan boneka raksasa yang terbuat dari bubur kertas dan rangka bambu. Boneka yang pada umumnya berwujud menyeramkan ini merepresentasikan sifat buruk dari manusia sehingga pada akhir acara pawai, ogoh-ogoh akan dibakar untuk melambangkan pembersihan sifat buruk manusia.

Hari ini, hari H perayaan Nyepi, apa yang dilakukan oleh umat Hindu ? Mulai dari pukul 6 pagi, kegiatan nyepi akan dilakukan selama 24 jam yaitu sampai jam 6 pagi di keesokan harinya. Pada hari inilah penyepian dilakukan dengan menghindari diri dari kegiatan, api, keluar rumah, dan hiburan. Walaupun bukan merupakan umat Hindu, wisatawan yang berkunjung ke Bali juga tidak diperbolehkan untuk berjalan-jalan pada Hari Nyepi. Oleh karena itu, hotel di Bali pada umumnya akan membantu mengisi waktu luang wisatawan dengan menawarkan serangkaian acara seperti yoga dan lainnya selama seharian.

Di esok hari, setelah hari Nyepi berakhir, umat Hindu akan melaksanakan kegiatan Ngambak Geni yaitu kegiatan yang terdiri dari salah satu ritual terkenal bernama Med-medan atau Omed-omedan. Ritual ini paling sering ditemukan di Denpasar tepatnya di Desa Sesetan di mana terdapat muda-mudi Bali yang akan berciuman secara bergantian.

Walaupun ada kebijakan untuk stay home agar tetap aman yang menyebabkan beberapa ritual mungkin tidak dapat dilaksanakan, hari ini, penyepian di rumah masing-masing tetap dapat dilaksanakan ! Bagi semua umat yang merayakan hari Raya Nyepi pada hari ini, Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1942 ! Semoga segala kebahagiaan dan kelancaran dalam perayaan selalu menyertai kita semua.