Semakin trennya gaya hidup sehat, memungkinkan kita untuk melakukan diet atau memberikan tubuh asupan yang sehat dengan berbagai cara, contohnya dengan berolahraga rutin. Dikutip dari www.klikdokter.com , sehabis olahraga, tubuh kita cenderung dehidrasi dan membutuhkan cairan, tak hanya dari air putih, tapi juga bisa dengan buah semangka.

Mengapa semangka?

ternyata semangka yang dikonsumsi usai olahraga juga bisa mendatangkan beragam manfaat lainnya. Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa manfaat yang dimaksud:

Mengisi kadar glikogen dalam tubuh

Selama berolahraga, sel-sel otot sangat bergantung pada glikogen sebagai bentuk penyimpanan karbohidrat di otot dan hati. Nah, dengan mengonsumsi semangka setelah berlahraga, maka cadangan glikogen yang habis terkuras akan terisi kembali.

Rehidrasi dan mencukupi kebutuhan elektrolit

Selama berolahraga, tubuh kehilangan air melalui keringat dan pernapasan. Memulihkan keseimbangan cairan nyatanya sangat penting untuk sistem tubuh Anda. Tak usah khawatir, kadar air yang tinggi dalam semangka mampu menjadi solusi akan kebutuhan tersebut.

Semangka hadir sebagai penghilang rasa haus alami dan pengganti cairan setelah berolahraga. Terlebih, semangka mengandung elektrolit yang juga penting untuk fungsi saraf dan kesehatan jantung Anda, lho!

Meningkatkan performa fisik

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa partisipan berusia 36–69 yang mengonsumsi 1.500 gram jus semangka setiap hari selama tiga minggu mampu meningkatkan kadar asam amino L-arginin. Zat tersebut berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan sendi.

Tak cuma itu, berdasarkan penelitian yang tercantum dalam Journal of Applied Physiology, L-arginin juga meningkatkan toleransi dan kinerja fisik. Hal ini memungkinkan Anda untuk berolahraga secara kuat, namun dengan pengeluaran energi yang lebih efisien.

Menstabilkan tekanan darah

Semangka telah terbukti menstabilkan tekanan darah saat Anda beristirahat usai olahraga. Dalam sebuah penelitian 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, kandungan L-citrulline dan L-arginine dalam semangka ampuh meningkatkan fungsi arteri serta menurunkan tekanan darah.

Perlu diketahui bahwa arteri memainkan peran penting dalam pengiriman oksigen selama olahraga. Sehingga, mengonsumsi semangka usai olahraga dapat membuat tubuh Anda lebih stabil dan tidak merasakan efek lelah yang luar biasa.