Seperti yang Vilovers ketahui, banyak sekali jenis susu yang dijual di pasar. Mulai dari susu sapi, susu kambing sampai susu kacang kedelai. Kita bisa mengonsumsi susu secara langsung maupun dengan mengolahnya menjadi berbagai macam makanan. Kita juga bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam susu olahan seperti keju dan yogurt.

Rasa susu yang bervariasi menjadikan susu di gandrungi oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari konglomerat, rakyat biasa, anak muda sampai orang tua. Kita semua pasti sudah tahu kalau susu adalah minuman yang menyehatkan. Namun, apa saja khasiat dari susu yang sudah kita minum? Berikut ini akan dipaparkan mengenai manfaat dari susu.

Sumber Nutrisi

Tubuh manusia memerlukan asupan nutrisi setiap harinya. Cara paling mudah untuk melengkapi asupan nutrisi dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi susu. Susu merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak sekali nutrisi, mulai dari kalsium, Vitamin D sampai Selenium. Dengan mengonsumsi susu sebanyak tiga gelas sehari akan membuat nutrisi didalam tubuh menjadi terpenuhi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti disebutkan seebelumnya, susu mengandung kalsium. Kalsium merupakan nutrisi yang dapat menjaga ketahanan tulang. Tubuh manusia memerlukan asupan kalsium yang cukup agar tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan. Ketika kita tidak mendapatkan asupan kalsium yang cukup, risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis akan meningkat. Dipercaya bahwa susu dapat membantu meningkatkan tinggi badan.

Sumber Karbohidrat

dalam satu gelas susu, terdapat kurang lebih 12 gram karbohidrat didalamnya. Manusia dewasa membutuhkan kurang lebih 350-390 gram karbohidrat setiap harinya. Untuk itu, dengan mengonsumsi susu, asupan karbohidrat untuk tubuh akan lengkap. Ketika manusia kekurangan karbohidrat, tubuh akan menjadi lemas karena kekurangan energi. Jangan lupa diimibangi dengan makan yang sehat agar tubuh dapat terus terjaga.

Menjaga Fungsi Jantung

Salah satu kandungan yang terdapat didalam susu adalah kalium. Kalium merupakan zat yang bermanfaat untuk menjaga organ di dalam tubuh, salah satunya jantung. Asupan kalium yang cukup untuk tubuh akan membantu jantung berfungsi dengan normal. Kita juga bisa mengurangi beberapa risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke dan kanker. Jadi, kita dapat menghindari penyakit tersebut dengan minum susu secara rutin.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita mengonsumsi susu secara rutin. Masih banyak lagi manfaat susu yang belum dapat disebutkan. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan makan makanan yang sehat. Dengan begitu, kita akan mendapatkan manfaat dari susu secara optimal. Hidup akan lebih sehat bersama Vicenza.

 

Sumber : https://www.alodokter.com/susu-organik-dan-beragam-keunggulannya