Apa Vilovers merupakan orang yang mudah kaget ? Mungkin kaget karena melihat sesuatu secara tiba-tiba atau mungkin bahkan karena mendengarkan suara yang sangat keras secara tiba-tiba. Tahukah Vilovers bahwa walaupun latah sering dipandang sebagai suatu kebiasaan yang lucu, menurut KBBI, latah merupakan penderitaan sakit saraf yang menciptakan kejadian di mana penderitanya suka meniru perbuatan atau ucapan orang lain. Pasti saat melihat orang latah, atau mungkin bahkan kita mempunyai kebiasaan latah, kita suka merasa bingung, apa sih yang menyebabkan hal ini terjadi ? Biasanya penyebab utamanya adalah adanya kecemasan atau rasa tertekan akibat stres.

Latah sendiri terbagi menjadi 4 jenis :

  1. Ekolalia di mana penderita dapat mengulangi perkataan orang lain.
  2. Ekopraksia di mana penderita dapat meniru gerakan orang lain.
  3. Koprolalia di mana penderita dapat mengucapkan kata kotor atau yang dilarang.
  4. Automatic Obedience di mana penderita dapat melaksanakan perintah secara spontan.

Bagaimana sih cara menyembuhkan latah ? Mengapa penting untuk disembuhkan ? Walaupun memang dianggap sebagai suatu kebiasaan yang lucu, latah yang muncul akibat adanya keterkejutan dapat dikurangi bahkan disembuhkan dengan menemukan ketenangan hidup. Cari titik stres kita dan coba keluarlah dari lingkungan tersebut. Mungkin lingkungan pertemanan, pekerjaan, dan hal lainnya yang harus kita hindari jika memang membuat stres.

Penting bagi penderita latah untuk sering melakukan latihan relaksasi, konsentrasi secara rutin, dan meditasi. Tanpa disadari oleh banyak orang, rutin melakukan kebiasaan ini dapat membawa penderita latah ke kesembuhan. Selain itu, kita juga bisa menjalankan puasa dengan tepat dan benar. Puasa dapat dijadikan sebagai terapi bagi penderita latah. Mengapa puasa dapat berpengaruh ? Puasa dapat membuat seseorang lebih bisa menguasai juga mengendalikan diri.