Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, salah satu cara menilai dan melihat kepribadian yang dimiliki seseorang adalah dari cara orang tersebut mengendalikan dan mengatur emosinya. Salah satu emosi yang paling sulit untuk dikontrol adalah kemarahan di mana banyak orang yang sedang merasa marah akan langsung meledak-ledak dan cenderung akan menyakiti banyak orang disekitarnya atau bahkan dirinya sendiri. Selain dapat menyakiti orang lain dan diri sendiri, emosi kemarahan yang tidak dapat dikontrol dapat membuat citra diri menjadi tidak bagus di mata orang lain. Siapa yang ingin memiliki citra diri yang tidak baik ? Pastinya tidak ada bukan ?

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk agar diri dapat lebih mampu mengendalikan dan menahan emosi amarah secara lebih baik.

Marah yang merupakan salah satu dari emosi pastinya berhubungan erat dengan perasaan, sehingga saat sedang merasakan sesuatu, pasti kita cenderung tidak dapat berpikir secara maksimal dengan logika. Oleh karena itu, hal impulsif yang merugikan sering kali terjadi seperti peluapan amarah yang terkadang dapat membuat menyesal. Ada hal yang dapat dilakukan loh untuk menangani pengendalian amarah agar tidak meledak-ledak loh. Salah satu penenangan diri yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur pernapasan. Saat amarah sedang melanda, coba lah untuk menarik napas selama beberapa detik lalu hembuskan dan ulangilah selama beberapa kali. Dengan begitu, emosi yang awalnya sudah berada di titik puncak dapat menjadi lebih baik.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah seputar mindset yang dapat ditanamkan pada diri sendiri. Pastikan bahwa kita dapat mengetahui batasan mengenai kapan kita harus meluapkan emosi dan kapan kita tidak harus meluapkan emosi. Sebelum tergoda untuk meluapkan amarah, tanyalah pada diri sendiri satu pertanyaan ‘apa masalah ini pantas menjadi sesuatu hal yang membuat aku meluapkan amarah?’. Dengan begitu, segala sesuatu yang kita pilih untuk lakukan tidak akan membuat diri kita menyesal.

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah mengalihkan pikiran saat sedang merasa marah sehingga perasaan dalam menjadi lebih baik. Tidur, bermain, membaca dan melakukan hobi lainnya dapat membuat pikiran menjadi lebih segar sehingga amarah dapat diredakan. Selain itu, saat merasa marah ada baiknya untuk melampiaskannya dengan menulis. Tuangkan emosi yang dirasa pada tulisan sehingga dapat tersalurkan dengan baik.

Ketahuilah bahwa tidak semua orang dapat menerima tindakan ataupun perkataan yang kita keluarkan saat sedang marah !