Biasanya dalam sehari, berapa lama Vilovers menghabiskan waktu untuk duduk ? Entah itu duduk sambil main handphone, nonton TV, makan, bahkan sekedar duduk saja tanpa melakukan apapun. Belum tahu ? Coba hitung. Kebanyakan orang bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk duduk dari pada untuk beraktivitas, terlebih lagi saat masa pandemi ini. Kegiatan demi kegiatan telah dilakukan satu persatu sehingga tidak banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan dan motivasi pun menurun digantikan dengan aktivitas bermalas-malasan saja. Apa kah ini Vilovers ? Jangan sampai !

Duduk terlalu lama tentu dapat berdampak pada otot dan sendi yang akan menjadi lebih lemah bahkan sampai kaku. Selain itu, kinerja dalam tubuh pun dapat dipengaruhi loh. Apa saja kegiatan yang dapat berdampak ? Kadar gula darah, tekanan darah, bahkan sampai ke aktivitas tubuh memproses lemak.

Beberapa orang masih menganggap hal ini sepele karena mungkin belum mendengarkan nama dari penyakit yang dianggap menyeramkan. Salah satu penyakit yang dapat diakibatkan karena duduk terlalu lama adalah osteoporosis yaitu tulang rapuh karena kualitas kepadatan tulang menurun. Biasanya penyakit ini baru dapat dirasakan pada orang yang sudah lanjut usia, oleh karena itu, sebelum ini terjadi pastikan untuk menghilangkan penyebabnya. Selain itu, penyakit lain yang dapat menyerang orang dengan kebiasaan duduk terlalu lama adalah penyakit jantung bahkan sampai ke stroke.

Apa Vilovers memiliki perut yang buncit walau sudah mengatur pola makan secara benar dan sudah melakukan berbagai jenis olahraga ? Salah satu penyebabnya ternyata karena terlalu lama duduk dalam jangka waktu yang panjang loh. Pelepasan molekul seperti lipoprotein lipase dapat yang berfungsi untuk mengolah lemak dan gula tubuh dapat berkurang. Oleh karena itu, duduk terlalu lama dapat membuat kita bertambah berat badan apalagi ke daerah perut yang akan menjadi buncit.

Saat anak bermain atau menonton TV pasti lebih sering sambil duduk bukan ? Usahakan anak menghabiskan waktu untuk main dan nonton maksimal selama 2 jam dalam sehari. Pasang alarm agar setiap sudah duduk selama 30 menit, kita tidak lupa untuk berdiri untuk sementara waktu. Semoga beberapa cara sederhana ini dapat membantu ya Vilovers ! Jangan jadikan physical distancing ini menjadi alasan untuk bermalas-malasan 🙂